Kamis, 11/08/2022 17:37 WIB

EWINDO Gelar Vaksinasi Covid-19 Untuk Petani Holtikultura Cirebon

PT East West Seed Indonesia (EWINDO) produsen benih sayuran “Cap Panah Merah” menggelar Vaksinasi Covid-19 untuk petani hortikultura di Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/10).

Seorang petani holtikultura tengah menjalani proses vaksinasi Covid-19 oleh EWINDO di Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/10). (Foto: Ist)

Cirebon, Jurnas.com - PT East West Seed Indonesia (EWINDO) produsen benih sayuran “Cap Panah Merah” menggelar Vaksinasi Covid-19 untuk petani hortikultura di Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/10). EWINDO yang selalu menjadi sahabat para petani berinisiasi untuk memvaksinasi sebanyak 300 petani dan keluarganya serta masyarakat area sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari berlokasi di Ciledug Lor Cirebon, Jawa Barat. Dengan program vaksinasi, diharapkan pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dan para petani hortikultura semakin terlindungi. Dalam pelaksanaannya, EWINDO didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat serta Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED) Jawa Barat.  

“Petani adalah garda terdepan yang menyediakan pangan untuk Indonesia. EWINDO sebagai sahabat petani Indonesia terdorong membantu petani khususnya petani hortikultura untuk dapat mengurangi risiko terpapar Covid-19. Dengan program vaksinasi ini, kami harap dapat membantu segera terciptanya kekebalan komunal, sehingga pandemi lebih cepat teratasi dan ekonomi segera pulih dan bangkit kembali,” ujar General Manager Corporate Affairs EWINDO, Fransiska Fortuna.

“Ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas negara akibat dari dahsyatnya dampak pandemi Covid-19, khususnya Jawa Barat sebagai lumbung pangan nasional. Petani sangat penting dalam merealisasikan ketahanan pangan di Jawa Barat, untuk itu kami sebagai warga Jawa Barat dan mewakili para pelaku usaha muda berkomitmen terus untuk berkontribusi dalam membantu pemulihan herd immunity agar produktifitas para petani dapat semakin baik dan tentunya agar ekonomi segera pulih kembali,” ujar Surya Batara Kartika, Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Barat.

Selain kepada petani, sebelumnya EWINDO juga telah melakukan vaksinasi Gotong Royong untuk 500 pekerja dan keluarganya di Purwakarta, Jawa Barat. Perusahaan juga telah menjalankan berbagai inisiatif CSR yang menitikberatkan pada upaya peningkatan kesejahteraan petani dan membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi. Salah satunya adalah pemberian bantuan sumur bor, fasilitas MCK dan peralatan sanitasi untuk petani di Pandeglang, Banten.

Sebelumnya, EWINDO juga mendistribusikan sembako kepada warga Purwakarta yang terdampak pandemi, membagikan APD kepada tenaga kesehatan, mengedukasi petani dan toko-toko pertanian dengan menyediakan fasilitas cuci tangan serta  membagikan  lebih dari 200.000 masker ke petani di seluruh Indonesia.

EWINDO sendiri saat ini menjalin kemitraan dengan 17.000 petani produksi benih di Jawa Timur, Banten dan Lampung. Melalui kemitraan ini perusahaan melakukan pendampingan, transfer teknologi dan menyediakan benih unggul berkualitas serta menyerap seluruh hasil panen petani. Selain itu, EWINDO juga membina lebih dari 7 juta petani sayuran di Indonesia.

Guna menjangkau generasi milenial maupun peminat pertanian, EWINDO secara berkala menggelar webinar dan pelatihan budidaya sayuran dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan termasuk para pengembang aplikasi dan komunitas pertanian yang digawangi oleh anak-anak muda.

EWINDO akan terus berkomitmen untuk menjadi sahabat terbaik petani Indonesia melalui pendampingan dan inovasi teknologi yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghasilkan benih-benih hortikultura unggul berkualitas sehingga produksi melimpah dan kesejahteraan petani terus meningkat,” tutup Fransiska.

PT East West Seed Indonesia (EWINDO) merupakan produsen benih hortikultura yang mengembangkan, memproduksi dan memasarkan benih sayuran tropis lokal dengan merk dagang ”Cap Panah Merah”.

Didirikan pada tahun 1990, EWINDO memiliki misi untuk menyediakan produk dan pelayanan yang penuh inovasi yang akan meningkatkan pendapatan petani serta mendorong perkembangan dan kualitas produk petani sayuran. EWINDO juga ingin mengembangkan industri benih lokal yang inovatif agar dapat menghasilkan benih sayuran yang berkualitas tinggi.

Sampai dengan tahun 2021 EWINDO telah bermitra dengan sekitar 17.000 petani produksi benih yang tersebar di wilayah Jawa Timur, Banten dan Lampung. Selain itu Ewindo juga membina lebih dari 7 juta petani komersial yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ewindo didukung oleh 100% karyawan lokal termasuk peneliti dalam negeri.

Hingga saat ini EWINDO telah menghasilkan lebih dari 150 varietas benih unggul dan telah mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, ISO 9001:2008 dan akreditasi dari International Seed Testing Association.

TAGS : EWINDO Vaksinasi Covid-19 Cirebon Jawa Barat HIPMI




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :