Minggu, 17/10/2021 23:06 WIB

Lusa, Jepang Bakal Cabut Status Darurat Covid-19

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan, rencana itu membawa Jepang secara keseluruhan keluar dari keadaan darurat untuk pertama kalinya, dalam hampir enam bulan.

PM Jepang Yoshihide Suga (Asian Gaming)

Tokyo, Jurnas.com - Pada Kamis (28/9) lusa, pemerintah Jepang akan mencabut status darurat nasional virus corona di semua wilayah, menyusul penurunan jumlah kasus baru.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan, rencana itu membawa Jepang secara keseluruhan keluar dari keadaan darurat untuk pertama kalinya, dalam hampir enam bulan.

"Kasus baru harian turun dari lebih dari 25.000 pada pertengahan Agustus menjadi 1.128 kemarin, jumlah pasien dengan kondisi serius mengalami tren turun setelah memuncak pada awal September," kata Suga dalam pertemuan gugus tugas virus corona dikutip dari Reuters pada Selasa (28/9).

"Berkat kemajuan dalam vaksinasi dan pemberian obat antibodi penetralisir, kami memasuki fase di mana layanan medis dapat ditawarkan secara stabil bahkan jika tingkat infeksi tertentu terjadi," sambung dia.

Hampir 60 persen populasi Jepang telah divaksinasi penuh, dan pemerintah mengatakan semua orang yang ingin disuntik akan mendapatkan vaksinasi pada November mendatang.

Sebelumnya, Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura menyebut sejumlah pembatasan pada restoran dan acara berskala besar akan tetap berlaku, selama sekitar satu bulan setelah pencabutan keadaan darurat untuk mencegah kebangkitan kasus.

"Kasus baru pasti akan meningkat setelah keadaan darurat dicabut," kata Nishimura.

"Kami perlu melanjutkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah rebound," lanjut dia.

TAGS : Jepang Darurat Nasional Kasus Covid-19 Yoshihide Suga




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :