Selasa, 19/10/2021 10:30 WIB

Pegulat Legendaris Jepang Pensiun dari Sumo

Pegulat legendaris asal Jepang, Hakuho, memutuskan pensiun dari dunia sumor, setelah sukses meraih lebih dari 1.000 kemenangan sepanjang karir profesionalnya.

Pegulat legendaris Jepang, Hakuho (Foto: BBC)

Tokyo, Jurnas.com - Pegulat legendaris asal Jepang, Hakuho, memutuskan pensiun dari dunia sumor, setelah sukses meraih lebih dari 1.000 kemenangan sepanjang karir profesionalnya.

Menurut catatan yang dikutip dari BBC pada Senin (27/9), Hakuho naik ke peringkat teratas gulat sumo setelah tiba di Jepang dari negara asalnya Mongolia, pada usia 15 tahun.

Tetapi pemain berusia 36 tahun itu diganggu oleh cedera lutut yang terus-menerus, dan mengumumkan absen dari sumo karena cedera pada awal tahun ini.

Selama karirnya, Hakuho mencatatkan banyak gelar, kemenangan, dan kejuaraan yang belum pernah dilampaui oleh pegulat lain dalam sejarah. Pensiunnya hanya menyisakan satu pegulat di peringkat tertinggi olahraga yokozuna.

Hakuho memulai debutnya pada tahun 2001 dan dipromosikan menjadi yokozuna enam tahun kemudian. Dia dikenal secara luas karena gaya menyerangnya, dan mendapatkan apresiasi atas upayanya membawa penonton baru ke olahraga ini.

Tapi awal tahun ini, Hakuho harus menjalani operasi pada lutut kanannya. Dia juga menerima peringatan pada November lalu dari Dewan Musyawarah Yokozuna, yang mengatakan bahwa ketidakhadiran di turnamen dapat memaksa mereka untuk memensiunkannya.

Setelah memenangkan turnamen ke-45 pada Juli lalu, pegulat itu mengatakan kepada media Jepang, NHK, bahwa kondisi fisiknya tidak baik dan dia akan memikirkan karirnya dengan hati-hati.

Hakuho memperoleh kewarganegaraan Jepang pada 2019, yang memberinya hak untuk menjalankan kandang pegulatnya sendiri di masa depan.

Dia mengatakan bahwa pelatihan gulat akan menjadi cara untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada olahraga tersebut.

TAGS : Hakuho Pegulat Jepang Olahraga Sumo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :