Sabtu, 16/10/2021 03:23 WIB

Sederet Alasan Martinez Dipastikan Bakal Jadi Pelatih Barca

Dengan filosofi sepakbola yang jauh lebih selaras dengan Blaugrana, Martinez menjadi kandidat yang menarik untuk mengambil alih kursi panas Camp Nou.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez (foto: Soccerway)

Madrid, Jurnas.com - Nasib Ronald Koeman di kursi pelatih Barcelona semakin goyah. Komentar pedasnya terhadap presiden klub, Joan Laporta, ditambah sejumlah hasil buruk dalam beberapa pekan terakhir diyakini bakal menyeret Koeman keluar dari Camp Nou.

Beberapa sosok diyakini bakal menjadi pengganti Koeman, mulai dari Xavi Hernandez, hingga pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez. Khusus Martinez, dikutip dari Marca, ada sederet alasan yang membuat mantan bos Everton berstatus hampir pasti bakal memimpin Barca. Apa saja?

1. Filosofi Sepak Bola Roberto Martinez

Dengan filosofi sepakbola yang jauh lebih selaras dengan Blaugrana, Martinez menjadi kandidat yang menarik untuk mengambil alih kursi panas Camp Nou.

Pelatih Spanyol itu membuktikannya saat membesut Swansea City. Dia membawa The Swans naik kelas dari League One ke Championship pada 2008, dengan memainkan sepak bola passing yang mengesankan, sebelum pindah ke Wigan dan memenangkan Piala FA pada 2013.

Martinez menggunakan gaya permainan yang cepat, ofensif, dan berbasis penguasaan bola di panggung internasional yang membantu Belgia finis ketiga di Piala Dunia 2018.

2. Kekaguman pada Laporta, persahabatan dengan Cruyff

Laporta dikenal sebagai penggemar berat Martinez, dan pelatih Belgia saat ini berada di urutan teratas dalam daftar kandidat potensial untuk menggantikan Koeman.

Selain itu, Martinez berteman dekat dengan Jordi Cruyff, yang merupakan kepala hubungan internasional di Barcelona.

Saking akrabnya, Cruyff menjadi pendamping pria di pernikahan Martinez pada tahun 2009, dan telah membaptis anak satu sama lain.

Setelah Belgia tersingkir dari Euro 2020, Martinez memperpanjang kontraknya dengan timnas hingga setelah Piala Dunia 2022, namun masa depannya diragukan akhir-akhir ini, setelah muncul laporan yang mengklaim bahwa ia bisa pergi setelah UEFA Nations League selesai pada Oktober.

Barcelona harus memberikan kompensasi kepada federasi sepak bola Belgia, dengan biaya sekitar 1,5 juta euro.

TAGS : Roberto Martinez Barcelona Ronald Koeman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :