Sabtu, 16/10/2021 04:02 WIB

60 Juta Pemilih di Jerman Tentukan Pengganti Merkel

Setidaknya 60 juta orang akan yang berusia dia atas 18 tahun akan memasuki bilik suara untuk mengikuti pemilihan kanselir baru, pada Minggu (26/9), pasca berakhirnya kepemimpinan Angela Merkel

Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Uni Demokratik Kristen setelah partai itu mengalami kerugian besar pada hari Minggu

Berlin, Jurnas.com - Setidaknya 60 juta orang akan yang berusia dia atas 18 tahun akan memasuki bilik suara untuk mengikuti pemilihan kanselir baru, pada Minggu (26/9), pasca berakhirnya kepemimpinan Angela Merkel.

Dikutip dari BBC, jalanan Berlin tampak sibuk. Kota-kota lain di Jerman juga mempersiapkan hal yang sama untuk menyambut pesta demokrasi ini.

Dalam upaya mendulang lebih banyak suara, Merkel yang bergabung dengan kandidat konservatif Armin Laschet, hadir di kota kelahirannya di Aachen.

Jajak pendapat akhir menunjukkan kemenangan belum bisa diprediksi akan menjadi milik kandidat manapun. Laschet belum aman hingga sejauh ini.

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 8.00 waktu setempat. Indikasi yang jelas akan datang ketika pemungutan suara berakhir pada pukul 18.00 sore ini.

Panasnya pemilihan ini tampak dari turun langsungnya Merkel untuk meyakinkan para pemilih. Padahal karirnya di puncak politik Jerman dalam beberapa minggu lagi akan segera berakhir.

"Sangat penting siapa yang berkuasa," dia memperingatkan pemilih berulang kali dalam 48 jam sebelum pemungutan suara.

Pesannya adalah bahwa Jerman membutuhkan stabilitas dan pemudanya membutuhkan masa depan, dan Armin Laschet adalah orang yang tepat untuk posisi itu.

TAGS : Angela Merkel Jerman Pemilihan Nasional Armin Laschet




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :