Jum'at, 26/04/2024 11:44 WIB

Koalisi Irak Tolak Seruan Normalisasi dengan Israel

Koalisi Irak mengutuk seruan untuk normalisasi dengan Israel yang dibuat pada sebuah konferensi di Erbil, ibu kota wilayah Kurdi di Irak utara.

Lebih dari 300 warga Irak, termasuk para pemimpin suku, menghadiri sebuah konferensi di Kurdistan otonom yang diselenggarakan oleh lembaga pemikir AS menuntut normalisasi hubungan antara Baghdad dan Israel, kata penyelenggara, pada 24 September 2021. [SAFIN HAMED/AFP

Jakarta, Jurnas.com - Koalisi Irak mengutuk seruan untuk normalisasi dengan Israel yang dibuat pada sebuah konferensi di Erbil, ibu kota wilayah Kurdi di Irak utara.

"Kami mengutuk dan menolak konferensi, pertemuan, dan seruan untuk normalisasi dengan entitas Zionis perampas yang diadakan di Irak," ujar Ammar al-Hakim, kepala Aliansi Kebijaksanaan Nasional Syiah, dilansir Middleeast, Minggu (26/09).

Aliansi ini memegang 19 dari 329 kursi di parlemen Irak.

Al-Hakim mengatakan masalah Palestina adalah masalah utama Arab dan Muslim yang akan terus didukung oleh aliansinya.

"Kami memperbarui dukungan penuh kami untuk rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil dan perjuangan mereka untuk memulihkan hak mereka yang dirampas," kata al-Hakim.

Pada hari Jumat, sebuah konferensi perdamaian diadakan di Erbil oleh beberapa tokoh suku Sunni dan Syiah yang menyerukan normalisasi hubungan antara Irak dan Israel.

“Kami adalah perkumpulan Sunni dan Syiah, yang terdiri dari anggota Gerakan Kebangkitan Sunni Putra Irak, serta para intelektual, pemimpin suku, dan pemuda aktif dari gerakan protes 2019-2021,” demikian pernyataan peserta konferensi.

Ia menambahkan bahwa mereka meminta Irak untuk menjalin hubungan dengan Israel dan rakyatnya melalui perjanjian serupa dengan negara-negara Arab yang telah dinormalisasi.

Pernyataan itu mengatakan bahwa pihaknya terus menentang semua jihadis Sunni dan ekstremis Syiah yang didukung Iran.

Pihak berwenang di Baghdad dan Erbil belum mengomentari pernyataan konferensi tersebut.

Irak tidak memiliki hubungan dengan Israel dan gagasan normalisasi ditolak secara luas di negara itu.

Tahun lalu, empat negara Arab – UEA, Bahrain, Sudan, dan Maroko – menormalkan hubungan mereka dengan Israel, sebuah langkah yang dikecam oleh Palestina sebagai pengkhianatan terhadap tujuannya.

KEYWORD :

Koalisi Irak Normalisasi Hubungan Pemerintah Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :