Selasa, 26/10/2021 09:43 WIB

Gernas BBI Dorong UMKM di Maluku Promosi Kekayaan Rempah

Nadiem Anwar Makarim menyebut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sarana menyosialisasikan program pendidikan vokasi, yang sangat erat dengan inovasi dan kewirausahaan serta program-program pemajuan kebudayaan.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyebut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sarana menyosialisasikan program pendidikan vokasi, yang sangat erat dengan inovasi dan kewirausahaan serta program-program pemajuan kebudayaan.

"Gernas BBI akan mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Maluku untuk mempromosikan narasi rempah dan kekayaan alam Maluku melalui digital marketing. Sehingga, potensi skala lokal dapat maju ke panggung global," kata Mendikbudristek dalam sambutannya pada acara Peluncuran Awal Gernas BBI Aroma Maluku, di Jakarta, pada Jumat (24/9).

Salah satu program utama dari Gernas BBI Aroma Maluku ialah pelatihan pemasaran digital untuk pelajar vokasi, dengan pemateri yang berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Asosiasi e-Commerce Indonesia, dan komunitas pegiat UMKM yang difokuskan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan keahlian dalam menunjang proses onboarding UMKM pendidikan vokasi.

Karena itu, Gernas BBI menurut Nadiem akan menjadi langkah strategis untuk memulihkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Menurutnya, Indonesia maju dan berkelanjutan adalah visi nasional yang harus diwujudkan bersama-sama melalui kolaborasi, inovasi, dan rasa bangga dengan karya-karya anak negeri.

"Mari bersama menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Aroma Maluku, dan bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar!" imbau Nadiem.

Untuk diketahui, Kemdikbudristek mengikutsertakan satuan pendidikan dari berbagai jenjang dan jalur untuk berpartisipasi. Diharapkan, Gernas BBI bisa menjadi sarana sosialisasi pendidikan vokasi.

"Kami ingin meningkatkan kapasitas lebih dari 1.000 satuan pendidikan vokasi serta UMKM Maluku agar semakin memperluas jangkauan produk dan layanannya. Selain itu, juga untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksinya secara digital," jelas Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Wikan Sakarinto.

Wikan mengajak semua pihak untuk menggaungkan kebanggaan terhadap produk dalam negeri. "Jika bukan kita siapa lagi dan jika tidak sekarang kapan lagi, untuk itu mari kita bela, beli, dan belanja produk lokal," ajak dia.

TAGS : Gernas BBI Aroma Maluku UMKM Promosi Rempah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :