Selasa, 26/10/2021 10:29 WIB

Kredit UMKM Tumbuh, Wujud Optimis di Masa Pandemi

Pertumbuhan kredit UMKM menunjukkan sinyal positif sejak Mei 2021, setelah mengalami kontraksi selama sembilan bulan sejak Agustus 2020.

Pelaku UMKM

Jakarta, Jurnas.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Joewono mengatakan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus bertumbuh dan jadi wujud optimisme pada masa pandemi.

"Pertumbuhan kredit UMKM menunjukkan sinyal positif sejak Mei 2021, setelah mengalami kontraksi selama sembilan bulan sejak Agustus 2020, tercermin dari pertumbuhan tahunan yang positif sebesar 1,57 persen pada Mei 2021 dan terus bertumbuh positif hingga 2,7 persen pada Agustus 2021," ujar Doni dalam keterangan resminya, Jumat (24/9/2021).

Peluang pengembangan UMKM pada masa pemulihan perlu mendapatkan dukungan pembiayaan, sehingga untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan, UMKM harus senantiasa konsisten dan berkomitmen dalam menjaga kualitas produknya.

Selain itu, UMKM harus bisa lebih kreatif dan inovatif, memanfaatkan teknologi digital, berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait, serta mampu secara selektif dan cermat dalam mengakses informasi mengenai akses pembiayaan

TAGS : UMKM Doni Joewono Tumbuh Pembiayaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :