Sabtu, 20/04/2024 20:14 WIB

Vietnam Tunda Buka Kembali Pulau Phu Quoc untuk Turis Asing

Pihak berwenang awalnya berencana mengizinkan turis asing yang divaksinasi untuk mulai kembali ke Phu Quoc pada Oktober untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata dan menopang perekonomian.

Pemandangan dari restoran tepi pantai terlihat di resor Mango Bay di pulau Phu Quoc, Vietnam, 13 Juni 2020. (Reuters/James Pearson)

Hanoi, Jurnas.com - Vietnam menunda rencana membuka kembali pulau Phu Quoc untuk turis asing hingga November. Penundaan itu terjadi karena tingkat vaksinasi yang masih rendah.

Negara Asia Tenggara, yang saat ini tertutup untuk semua pengunjung selain dari warga dan investor yang kembali, telah berjuang  mempercepat inokulasi untuk membantu menahan lonjakan kasus COVID-19 yang didorong oleh varian Delta dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak berwenang awalnya berencana mengizinkan turis asing yang divaksinasi untuk mulai kembali ke Phu Quoc pada Oktober untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata dan menopang perekonomian.

"Kami harus menginokulasi penduduk di sini untuk kekebalan kawanan tetapi persediaan vaksin berkurang," surat kabar VTC yang dikelola pemerintah mengutip Huynh Quang Hung, ketua Komite Rakyat Kota Phu Quoc.

Pekan lalu, pihak berwenang pulau itu mengatakan tambahan 250.000 hingga 300.000 dosis diperlukan untuk mencapai kekebalan kawanan.

Sejauh ini hanya 2,9 persen penduduk di Kien Giang, provinsi yang menampung Phu Quoc, telah menerima dua dosis. Secara keseluruhan, 7,3 persen dari 98 juta penduduk Vietnam telah divaksinasi lengkap - salah satu tingkat terendah di kawasan ini.

Phu Quoc pada Senin (20/9) mendeteksi klaster COVID-19 baru setelah berbulan-bulan tanpa kasus lokal, meskipun otoritas provinsi mengatakan itu terkendali dan tidak akan memengaruhi rencana pembukaan kembali.

Pihak berwenang mengatakan Phu Quoc akan membuka kembali secara bertahap selama enam bulan mulai 20 November, dengan hingga tiga penerbangan charter mendarat per minggu.

Berdasarkan rencana tersebut, pulau itu mengharapkan untuk menyambut 3.000 hingga 5.000 pengunjung selama masa percobaan, dengan tes COVID-19 wajib yang dilakukan oleh pihak berwenang, kata VTC dalam laporan Kamis.

Masih belum jelas apakah pengunjung harus menjalani masa karantina tujuh hari seperti yang diminta oleh kementerian kesehatan Vietnam.

Kedatangan asing ke Vietnam merosot dari 18 juta pada 2019, ketika pendapatan pariwisata mencapai US$31 miliar, atau hampir 12 persen dari produk domestik bruto, menjadi 3,8 juta tahun lalu.

Rencana untuk menyambut kembali turis datang ketika Malaysia pekan lalu membuka kembali pulau Langkawi untuk pengunjung domestik, sementara Thailand telah membuka pulau Phuket dan Samui untuk turis asing yang divaksinasi.

KEYWORD :

Phu Quoc Vietnam Pandemi COVID-19 Varian Delta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :