Jum'at, 26/04/2024 18:44 WIB

Macron Telepon PM India Bahas Kerja Sama Indo-Pasifik

Panggilan ini dilakukan di tengah kemarahan Prancis atas pembatalan pesanan kapal selam senilai US$40 miliar oleh Australia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Doknet)

Paris, Jurnas.com - Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam sebuah sambungan telepon, membahas kerja sama di kawasan Indo-Pasifik dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Panggilan ini dilakukan di tengah kemarahan Prancis atas pembatalan pesanan kapal selam senilai US$40 miliar oleh Australia.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (21/9), kedua pemimpin negara itu juga membahas sejumlah masalah, di antaranya krisis di Afghanistan.

Pekan lalu, Prancis menarik duta besarnya dari Amerika Serikat dan Australia, setelah Canberra membatalkan kesepakatan kapal selam dengan Prancis.

Australia memilih membatalkan kesepakatan tahun 2016 dengan grup Angkatan Laut Prancis untuk membangun armada kapal selam konvensional, dan sebaliknya membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris, setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral.

Akibat kesepakatan ini , Prancis menyebut AS dan Inggris menusuk dari belakang. Muncul pula kecaman dari Uni Eropa, yang menyebut AS berpotensi kehilangan sekutu di Eropa.

Sebelumnya, China juga mengecam aliansi keamanan Indo-Pasifik baru antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia, dan memperingatkan perlombaan senjata yang intensif di wilayah tersebut.

KEYWORD :

Prancis India Emmanuel Macron Narendra Modi Indo-Pasifik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :