Rabu, 24/04/2024 00:14 WIB

AS Berencana Perluas Penggunaan Booster Vaksin COVID-19

Sekelompok ilmuwan internasional juga mengatakan pekan lalu bahwa bahkan dengan ancaman dari strain Delta, dosis booster untuk populasi umum tidak sesuai pada tahap pandemi ini.

Vaksinasi COVID-19. (Foto: Reuters/Athit Perawongmetha)

Washington, Jurnas.com - Pejabat tinggi kesehatan di Amerika Serikat (AS) mengatakan, persetujuan yang lebih luas dari suntikan penguat COVID-19 bisa beberapa minggu lagi, setelah panel penasihat ahli Food and Drug Administration (FDA) minggu ini merekomendasikan suntikan ketiga untuk segmen populasi terbatas.

Direktur National Institutes of Health mengatakan, keputusan panel FDA pada Jumat untuk membatasi suntikan Pfizer COVID-19 booster untuk warga yang berusia 65 dan lebih tua serta mereka yang berisiko tinggi penyakit parah adalah langkah awal.

Dalam sebuah wawancara di Fox News Sunday, Francis Collins memperkirakan persetujuan yang lebih luas untuk kebanyakan orang Amerika "dalam beberapa minggu ke depan".

Collins mengatakan, rekomendasi panel itu benar berdasarkan snapshot data yang tersedia tentang efektivitas rejimen dua tusukan Pfizer dari waktu ke waktu.

Namun dia mengatakan data real-time dari AS dan Israel terus menunjukkan kemanjuran yang berkurang di antara lebih banyak kelompok orang yang perlu segera ditangani.

"Saya pikir akan ada keputusan dalam beberapa minggu mendatang untuk memperpanjang booster di luar daftar yang mereka setujui pada hari Jumat," kata Collins, yang juga muncul di program Face the Nation CBS, Minggu (19/9).

Beberapa negara kaya, termasuk AS dan Inggris, sedang mempertimbangkan suntikan penguat virus corona di tengah lonjakan kasus baru-baru ini yang terkait dengan varian Delta yang sangat menular.

Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bulan ini menyerukan moratorium suntikan booster di tengah kekhawatiran tentang pasokan vaksin ke negara-negara miskin, di mana jutaan orang belum menerima suntikan pertama mereka.

Sekelompok ilmuwan internasional juga mengatakan pekan lalu bahwa bahkan dengan ancaman dari strain Delta, dosis booster untuk populasi umum tidak sesuai pada tahap pandemi ini.

"Setiap keputusan tentang perlunya peningkatan atau waktu peningkatan harus didasarkan pada analisis yang cermat dari data klinis atau epidemiologis yang terkontrol secara memadai, atau keduanya, yang menunjukkan pengurangan penyakit parah yang terus-menerus dan bermakna," tulis para ilmuwan dalam jurnal medis The Lancet.

Anthony Fauci, yang merupakan kepala penasihat medis Presiden AS Joe Biden, pada Minggu memuji rencana dewan penasihat FDA untuk meliput sebagian besar warga AS.

Namun dia menekankan bahwa ini bukan akhir dari cerita berdasarkan data yang muncul dan mengatakan bahwa panduan tersebut kemungkinan akan diperluas dalam beberapa minggu hingga bulan mendatang.

Orang-orang di AS yang telah menerima vaksin Moderna dua dosis atau vaksin Johnson & Johnson satu dosis masih menunggu panduan tentang kemungkinan suntikan booster.

"Data aktual yang akan kami dapatkan (pada) tembakan ketiga untuk Moderna dan tembakan kedua untuk J&J secara harfiah beberapa hingga beberapa minggu lagi," kata Fauci kepada program Meet the Press NBC.

"Kami sedang mengerjakannya sekarang untuk mendapatkan data ke FDA sehingga mereka dapat memeriksanya dan membuat keputusan tentang booster untuk orang-orang itu," sambungnya.

FDA akan mempertimbangkan saran kelompok penasihat dan membuat keputusan sendiri, mungkin dalam beberapa hari. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) juga akan mempertimbangkan minggu ini. (Aljazeera)

KEYWORD :

WHO Amerika Serikat Varian Delta Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :