Selasa, 19/10/2021 10:15 WIB

Taiwan Ancam akan Perkarakan China ke WTO

Hubungan antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim Taiwan memerintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, berada pada titik terendah dalam beberapa dekade, dengan China meningkatkan tekanan politik dan militer untuk membuat pulau itu menerima kedaulatannya.

Sugar apples are displayed in a market in Recife June 30, 2014. (Tony Gentile/File Photo /Tony Gentile/Reuters)

Taipei, Jurnas.com - Taiwan mengancam akan membawa China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) setelah Beijing mengatakan akan menangguhkan impor apel gula dan apel lilin dari pulau itu karena masalah hama.

Hubungan antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim Taiwan memerintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, berada pada titik terendah dalam beberapa dekade, dengan China meningkatkan tekanan politik dan militer untuk membuat pulau itu menerima kedaulatannya.

Administrasi bea cukai China mengatakan telah berulang kali mendeteksi hama yang disebut "Planococcus minor" dalam apel gula, juga dikenal sebagai apel manis atau apel custard, dan apel lilin dari Taiwan.

Karena itu, pihak bea cukai Negeri Tirai Bambu itu meminta cabang Guangdong dan semua kantor yang berafiliasi langsung untuk menghentikan bea cukai produk tersebut mulai Senin.

Sementara itu, Dewan Menteri Pertanian Taiwan Chen Chi-chung mengatakan, China telah bertindak secara sepihak tanpa memberikan bukti ilmiah, dan mengkritik pengumuman yang datang selama Festival Pertengahan Musim Gugur tradisional, yang dirayakan oleh Taiwan dan China.

"Kami tidak dapat menerima ini," kata Chen kepada wartawan di Taipei tentang keputusan tersebut, yang menurutnya baru diterima kantornya pada pukul 9 pagi (0100 GMT) pada Minggu (19/9), dikutip dari Reuters, Senin (20/9).

"Taiwan mengatakan kepada China akan membawa negara itu ke WTO di bawah mekanisme penyelesaian perselisihan badan itu jika Beijing tidak menanggapi permintaan Taipei menyelesaikan masalah di bawah kerangka kerja bilateral mereka yang ada sebelum 30 September," tambahnya.

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu mengatakan, China sekarang mempersenjatai perdagangan dan langkah itu seharusnya meragukan penerapannya pekan lalu untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik.

"China ingin bergabung dengan CPTPP berstandar tinggi? Apakah ini lelucon?" kicau Wu.

Sebagai informasi, apel gula dan apel lilin adalah makanan khas Taiwan, meskipun sebagian besar dikonsumsi di dalam negeri. Pulau ini juga terkenal dengan buah mangganya.

Tahun ini, China sudah menghentikan impor buah dari Taiwan yang kedua kalinya. Pada Februari, China melarang impor nanas dari Taiwan, dengan alasan makhluk berbahaya yang bisa datang dengan buah tersebut.

Taiwan mengatakan tidak ada yang salah dengan nanas dan menuduh Beijing bermain politik. (Reuters)

TAGS : Taiwan China Larangan Impor Buah Apel Gula Apel Lilin




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :