Sabtu, 27/04/2024 01:49 WIB

Israel Lakukan Penangkapan Massal Warga Palestina Usai Pembobolan Penjara

Lebih dari 100 warga Palestina telah ditangkap sejak enam tahanan Palestina terkenal melarikan diri dari penjara Gilboa di Israel utara pada 6 September.

Organisasi Palestina dan karyawan mereka juga telah ditahan oleh pasukan Israel dalam beberapa hari terakhir [File: Ammar Awad / Reuters]

Ramallah, Jurnas.com - Pasukan Israel telah menahan puluhan warga Palestina dalam beberapa hari terakhir dalam kampanye penangkapan massal sebagai tanggapan atas pelarian penjara dengan keamanan tinggi awal bulan ini.

Menurut angka dari Departemen Urusan Negosiasi PLO dan organisasi tahanan Palestina Addameer, lebih dari 100 warga Palestina telah ditangkap sejak enam tahanan Palestina terkenal melarikan diri dari penjara Gilboa di Israel utara pada 6 September.

"Kami telah mendokumentasikan rata-rata 14 penangkapan per hari di Tepi Barat yang diduduki sejak orang-orang itu melarikan diri,” Milena Ansari dari Addameer mengatakan kepada Al Jazeera. “Ini tidak termasuk orang-orang Palestina yang ditangkap di Israel.”

Keenam pria yang keluar dari penjara sekarang kembali ke tahanan Israel setelah dua orang Palestina terakhir menyerah kepada pasukan di kota Jenin pada hari Minggu pagi.

Di tengah perburuan orang hilang, pasukan Israel melakukan serangan balasan terhadap anggota keluarga pelarian di daerah Jenin, yang sudah bergolak, menangkap dan menginterogasi mereka sebelum melepaskan beberapa.

Penangkapan dan penggerebekan juga difokuskan di Ramallah, Hebron, Nablus dan desa-desa sekitarnya.

Menangkap anak-anak

Sejumlah anak Palestina juga tersapu dalam gelombang penangkapan terbaru. Mustafa Amira yang berusia tiga belas tahun, dari kota Nilin dekat Ramallah, ditangkap tentara Israel pekan lalu ketika berada di tanah desa dekat tembok pemisah yang dibangu Israel untuk memisahkan daerah itu dari pemukiman.

Ayahnya Khalil Amira mengatakan kepada Al Jazeera, Mustafa dan sepupunya Muhammad, 15, ditangkap dan dipukuli oleh sekitar 10 tentara Israel dan ditahan semalam oleh polisi Israel tanpa diberi makanan atau air.

Foto Mustafa menunjukkan matanya bengkak dan memar dan luka di wajahnya. "Dia diseret ke tanah oleh tentara sebelum diserahkan ke polisi yang menginterogasinya selama berjam-jam," kata Amira.

"Mengapa begitu banyak pria bersenjata harus memukuli seorang anak laki-laki? Jika mereka memiliki kasus terhadapnya, mengapa mereka tidak menanganinya secara hukum dan mengajukan tuntutan?"

Amira mengatakan dia menahan putranya di rumah dari sekolah karena bocah itu masih trauma dengan pengalamannya.

Menurut Ziad Abu Latifa, seorang paramedis dengan Bulan Sabit Merah Palestina di el-Bireh, yang secara teratur mengirim ambulans ke Nilin, pemukulan dan pelecehan anak di bawah umur oleh pasukan keamanan Israel adalah masalah yang sedang berlangsung.

"Saya telah menangani banyak kasus anak di bawah umur dipukuli, termasuk dengan popor senapan, yang menyebabkan patah tulang, pendarahan dan luka wajah yang dalam," kata Abu Latifa kepada Al Jazeera.

Sejumlah mahasiswa Palestina juga terjerat jaring tersebut.

"Penargetan mahasiswa adalah cara untuk membungkam suara pemuda dan mendelegitimasi mahasiswa karena mereka telah berkontribusi pada mobilisasi perlawanan rakyat," kata Ansari.

Beberapa organisasi Palestina dan karyawan mereka, termasuk komite pertanian dan kesehatan serta kelompok hak asasi manusia, juga telah digerebek atau ditahan oleh otoritas Israel dalam beberapa hari terakhir.

Pada hari Rabu, tentara Israel menggerebek markas Serikat Pekerja Umum di Sektor Jasa dan Kewirausahaan di Ramallah, menyita beberapa hard disk komputer dan dokumen.

Pertahanan untuk Anak Internasional – Palestina (DCIP), Komite Kerja Kesehatan (HWC) dan Komite Persatuan Kerja Pertanian (UAWC) juga baru-baru ini digerebek, dengan karyawan ditangkap, komputer dan dokumen disita, dan beberapa kantor ditutup paksa untuk enam bulan.

Ansari mengatakan Israel menggambarkan kelompok Palestina sebagai "organisasi ilegal yang terkait dengan mempromosikan acara publik" adalah serangan yang disengaja terhadap gerakan akar rumput dan solidaritas transisional terhadap kebijakan apartheid Israel.

"Penting untuk tidak terseret ke dalam narasi peristiwa Israel karena mereka selalu berusaha membenarkan operasi militer mereka dengan `alasan keamanan` dan ini telah berlangsung lama," kata Ansari.

KEYWORD :

Israel Penangkapan Massal Warga Palestina Pembobolan Penjara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :