Selasa, 30/04/2024 14:51 WIB

Empat Negara Sepakat Jegal Industri Teknologi China

Amerika Serikat, Jepang, India dan Australia sepakat untuk membangun rantai pasokan semikonduktor yang aman, pasca pertemuan empat negara ini di Washington minggu depan.

Bendera kebangsaan Amerika Serikat bersanding dengan bendera kebangsaan China (Foto: Johannes Eisele/AFP)

Tokyo, Jurnas.com - Amerika Serikat, Jepang, India dan Australia sepakat untuk membangun rantai pasokan semikonduktor yang aman, pasca pertemuan empat negara ini di Washington minggu depan.

Demikian disampaikan oleh harian bisnis Nikkei pada Sabtu (18/9), mengutip draf pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh para pemimpin negara yang mengatasnamakan `Quad`.

Presiden AS Joe Biden akan menjadi tuan rumah pertemuan langsung pertama para pemimpin negara-negara `Quad`. Biden diketahui selama ini berusaha meningkatkan kerja sama untuk melawan ketegasan China yang semakin meningkat.

Draf tersebut menyebutkan bahwa untuk menciptakan rantai pasokan yang kuat, keempat negara akan menentukan kapasitas pasokan semikonduktor mereka dan mengidentifikasi kerentanan.

"Pernyataan itu juga mengatakan penggunaan teknologi canggih harus didasarkan pada aturan menghormati hak asasi manusia," demikian bunyi laporan Nikkei dikutip dari Reuters.

Rancangan itu tidak menyebutkan nama China, tetapi langkah tersebut bertujuan untuk mencegah China memanfaatkan teknologi dalam mempertahankan rezim otoriter, agar tidak menyebar ke seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat dan China berselisih di berbagai bidang, termasuk perdagangan dan teknologi. Pada April lalu, Biden mengatakan negaranya dan Jepang akan berinvestasi bersama di bidang-bidang seperti 5G dan rantai pasokan semikonduktor.

KEYWORD :

Microchip Amerika Serikat Jepang India Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :