Sabtu, 23/10/2021 04:27 WIB

Rizki Faisal Acungi Jempol Sikap Tegas Kapolri Tertibkan Mural Kritik Presiden

Progam presisi ini kan jelas ya, pesan yang termuat adalah meminimalisir kontak fisik antara petugas di lapangan dengan warga, sehingga konflik of interest bisa dihindari atau tercegah.

Ketua Komisi IV DPRD Kepulauan Riau dari Fraksi Golkar, Rizki Faisal. (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi IV DPRD Kepulauan Riau, Rizki Faisal acungi jempol sikap tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menyikapi tindakan anggota Polri di lapangan menyikapi kritikan-kritiakn yang disampaikan melalui mural atau gambar dan tulisan di dinding.

Menurutnya, penertiban mural tersebut sejalan dengan program unggulan Jenderal Listyo Sigit, yakni menciptakan Polri yang Presisi. Dimana salah satu programnya adalah bagaimana mengaktualisasikan pelayanan masyarakat yang lebih humanis, antara lain tilang elektronik, SIM Online, program restorastive justice, dan lainnya. 

"Progam presisi ini kan jelas ya, pesan yang termuat adalah meminimalisir kontak fisik antara petugas di lapangan dengan warga, sehingga konflik of interest bisa dihindari atau tercegah" ungkap Presidium Perhimpunan Nasional Aktivis 98 (PENA 98) ini dalam keterangan resmi, Kamis (16/9).

Dalam amatan Rizki, Presiden RI Joko Widodo dan Jenderal Listyo Sigit sangat menghargai demokrasi dengan selalu berusaha untuk mendengar pendapat atau kritik yang disampaikan oleh siapapun.

Oleh karena itu, Rizki merasa sejumlah tindak pengamanan mural itu bukan merupakan kebijakan Kapolri tapi spontanitas petugas di lapangan.

“Petugas sepertinya hanya ingin bertindak cepat agar situasi kondusif terkendali, tanpa mempertimbangkan bahwa tindakan reaksioner itu dapat diartikan aparat berlebihan dalam tindakannya,” jelasnya.

“Sikap cepat Kapolri mengeluarkan kebijakan berupa Instruksi untuk dijadikan pedoman di lapangan dengan tetap mengutamakan nilai-nilai demokrasi dan mengedepankan sikap humanis tentu harus kita apresiasi sebagai bentuk keberpihakan Kapolri pada nilai-nilai demokrasi,” sambung Rizki.

Terakhir, dia juga menyampaikan bahwa tindak pengamanan akan dibenarkan apabila dilakukan sesuai dengan jalur dan aturan hukum yang berlaku.

"Selama dilakukan dalam koridor yang dibenarkan secara aturan dan hukum yang berlaku, komitmen Kepolisian untuk memberi ruang agar dapat tersampaikan dengan baik. Ini bagus sekali, sesuai dengan visi misi Kapolri yang terus berusaha mengedepankan humanisme dalam menjalankan tugas dilapangan" demikian Rizki yang juga Sekretaris Partai Golkar Kepri ini.

TAGS : Golkar Kepulauan Riau Kepri Rizki Faisal Mural Kapolri PENA 98




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :