Sabtu, 27/04/2024 07:20 WIB

Komisi I DPR: Pemerintah Harus Terus Kembangkan Keterampilan dan Kreatifitas Digital

terus mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital

Webinar bertajuk Pemanfaatan Ruang Digital Bagi UMKM, digelar DPR dan Kominfo, Kamis (16/9/2021)

Jakarta, Jurnas.com - DPR mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk percepatan digitalisasi nasional.

Digitalisasi ini akan membangun kesetaraan masyarakat dalam mendapatkan akses serta konektivitas jaringan internet di mana pun berada. 

Demikian disampaikan Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid dalam keynote speakernya saat membuka webinar bertajuk Pemanfaatn Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek. Menghadirkan Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna dan Founder Jagoan Indonesia, Dias Satria sebagai narasumber.

Menurut Meutya Hafid, Kemkominfo sebagai leading sector dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, perlu untuk terus mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital.

Hal ini bisa dilakukan melalui berbagai kegiatan, termasuk bermitra dengan sektor swasta serta mengintegrasikan dengan pemangku kepentingan secara inklusif.

"DPR dalam hal ini Komisi I, mendorong pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi cara bermedia sosial yang baik, sehingga mampu meningkatkan literasi digital masyarakat utamanya para generasi muda," jelas Meutya.

Pada kesempatan sama, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna menjelaskan, tersedianya infrastruktur TIK akan memungkinkan para pelaku UMKM Indonesia untuk dapat beralih ke digital.

Saat ini, jelas Adhiarna, diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up.

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kemkominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK agar semua orang dapat terhubung secara digital,” jelasnya.

Namun Adhiarna menyatakan tidak akan berhenti sampai di situ. Setelah percepatan infrastruktur sebagai fondasi utama akselerasi transformasi digital, Kemkominfo menyiapkan terbentuknya masyarakat digital. Diantaranya pemerintahan digital, ekonomi digital, hingga peningkatan SDM digital.

Sementara itu, Founder Jagoan Indonesia, Dias Satria dalam paparannya mengatakan hal utama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan branding adalah memahami keunikan produk yang dijual sekaligus menentukan target pasar.

Dias mengungkapkan pertumbuhan UMKM di Indonesia berkembang semakin pesat, bahkan terbilang menjadi penyokong utama kekuatan ekonomi Indonesia.

"Meski begitu, untuk mampu berkontribusi secara optimal, ekosistem usaha lokal memerlukan dukungan teknologi dan jaringan yang luas agar bisa menyatukan seluruh UMKM," tandas Dias. 

KEYWORD :

Komisi I DPR-RI Meutya Hafid Kominfo sosial media kreativitas digital UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :