Minggu, 17/10/2021 22:52 WIB

PPP: Jokowi bisa Ambil Jalan Tengah Pilih Andika Jadi Panglima TNI

Bisa juga misalnya presiden Jokowi mengambil jalan tengah, Andika jadi panglima TNI wakilnya Yudo, nanti begitu Andika habis nanti Yudo lagi yang diusulkan.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha dan pengamat politik Lingkar Madani, Ray Rangkuti (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha menilai ada beberapa nama calon pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Namun nama-nama tersebut belum bisa dipastikan. Sebab, Presiden Jokowi belum mengajukan nama calon ke meja komisi I DPR RI untuk dilakukan tes uji kelayakan.

Hal itu diutarakannya saat menjadi narasumber Dialektika Demokrasi dengan tema “Tantangan Besar Panglima TNI Baru” di Media Center Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/9).

Politisi PPP ini menjelaskan, saat ini ada beberapa nama yang kuat untuk mengisi posisi Panglima TNI, nama itu antara lain seperti Kasad Andika Perkasa dan dan Kasal Yudo Margono.

Keduanya, kata dia, memiliki segudang pengalaman, sehingga, bukan tidak mungkin keduanya bakal masuk ke dalam radar Presiden Joko Widodo dan bisa saja keduanya berdampingan dalam memimpin TNI.

“Kalau misalnya Kasad Andika yang akan jadi, dia lahir juga bulan Desember dan akan berakhir November tahun depan, Kalau Pak Yudo Kasal juga tidak berumur lama kalau jadi panglima TNI, dia 2023 juga pensiun, yang paling seksi itu biasanya, Panglima TNI ketika menghadapi pemilu atau pilpres, inikan tidak,” tegasnya.

“Kemudian, bisa juga misalnya presiden Jokowi mengambil jalan tengah, Andika jadi panglima TNI wakilnya Yudo, nanti begitu Andika habis nanti Yudo lagi yang diusulkan,” sambung Tamliha.

Walau kedua nama itu berpeluang besar, lanjut Tamliha, di ketatanegaraan Indonesia, harus mendapat persetujuan dari DPR RI

“Calon panglima TNI tidak otomatis bisa diberhentikan dan tidak otomatis bisa diangkat. Akan tetapi, harus melalui persetujuan DPR, dari mulai pengangkatan dan pemberhentian dan itu tidak akan mempersulit Presiden dalam mengusulkan nama calon Panglima TNI,” ucap dia.

“Saya pikir tidak akan terlalu sulit bagi presiden Jokowi untuk mengusulkan nama itu ke DPR,” tukasnya.

TAGS : Warta DPR Komisi I DPR Calon Panglima TNI PPP Syaifullah Tamliha




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :