Jum'at, 19/04/2024 06:08 WIB

Korea Selatan Sukses Tembakkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

 Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in menghadiri uji ejeksi bawah air SLBM di atas kapal selam baru kelas 3.000 ton Dosan Ahn Chang-ho yang ditugaskan bulan lalu.

Bendera kebangsaan Korea Selatan (Foto: Anadolu)

Seoul, Jurnas.com - Korea Selatan berhasil menguji coba rudal balistik kapal selam (SLBM) pada Rabu (15/9). Penembakan itu dilakukan pada hari yang sama ketika Korea Utara menembakkan sepasang rudal balistik di lepas pantai timurnya.

Dikutip dari AFP, Korea Selatan merupakan negara pertama tanpa senjata nuklir yang mengembangkan sistem semacam itu. Adapun uji coba rudal tersebut bertujuan untuk melawan ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Penembakan rudal tersebut melanggar sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan meningkatkan ketegangan regional hanya beberapa hari setelah menguji rudal jelajah dengan kemungkinan kemampuan nuklir.

Blue House mengatakan, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in menghadiri uji ejeksi bawah air SLBM di atas kapal selam baru kelas 3.000 ton Dosan Ahn Chang-ho yang ditugaskan bulan lalu.

Tes tersebut akan menjadikan Korea Selatan negara pertama yang meluncurkannya tanpa senjata nuklir, yang biasanya digunakan untuk mempersenjatai SLBM, setelah Amerika Serikat (AS), Rusia, China, Inggris, Prancis, dan India.

Korea Utara telah meluncurkan serangkaian SLBM sendiri dalam beberapa tahun terakhir, dan sedang membangun kapal selam operasional untuk menyebarkannya, kata para pejabat Seoul.

"Memiliki SLBM memiliki arti penting dalam mengamankan pencegahan terhadap ancaman segala arah, dan diharapkan memainkan peran kunci dalam membangun kemampuan pertahanan diri dan perdamaian di semenanjung Korea," kata kantor Moon dalam sebuah pernyataan.

Militer juga telah mengembangkan rudal baru lainnya, termasuk rudal jelajah supersonik yang akan dikerahkan dalam waktu dekat, dan rudal balistik baru yang memiliki kemampuan serangan balik yang luar biasa dengan menembakkan hulu ledak yang lebih besar, kata kantor Moon.

Moon menambahkan bahwa militer pada bulan Juli berhasil melakukan uji coba sistem propulsi bahan bakar padat yang akan digunakan untuk kendaraan luar angkasa.

KEYWORD :

SLBM Korea Selatan Rudal Balistik Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :