Kamis, 25/04/2024 03:16 WIB

Steve Rick, Penulis Buku Asal Papua Rekomendasi Empat Poin Menuju Perdamaian

penyebab konflik di Papua karena ada miskomunikasi yang dijelaskan dalam buku ini

Steve Rick, penulis buku asal Papua

Jakarta, Jurnas.com - Moya Institute menyelengarakan bedah buku karya anak asli Papua secara virtual pada Selasa, 14 September 2021. Bedah buku karya asli anak Papua ini berjudul “Kita Semua Ingin Hidup Damai”.

Penulis buku anak asli Papua adalah Steve Rick E Mara. Ia mulai merangkai buku tersebut Tahun 2020 dan selesai Tahun 2021. "Buku ini dimulai 2020 diambil dari tensis saya, " ucap Steve Rick E Mara saat webinar yang digelar Moya Institute menyelenggarakan Beda Buku karya anak asli Papua berjudul “Kita Semua Ingin Hidup Damai”.

Menurutnya, buku ini terdapat penjelasan ancaman baik dari luar dan dalam negeri. Ia menambahkan, buku ini juga dibuat dari tiga perspektif yaitu pemerintah, peneliti LIPI, dan organisasi pro referendum. "Buku Kita Semua Ingin Hidup Damai diambil dari tiga perpektif, "ucap Steve Rick E Mara.

Steve menuturkan, penyebab konflik di Papua karena ada miskomunikasi yang dijelaskan dalam buku ini. Contohnya, kata dia, informasi yang beredar di media sosial sehingga timbulnya konflik.

"Cara menyelesaikan konflik ini dengan dialog perdamaian dan startegi dalam menyelesaikan masalah," katanya.

Ia menambahkan, soal konflik di Papua banyak masyarakat rentan dipengaruhi. Contohnya, kata dia, pemuda Papua mendapat informasi tidak baik dan dicerna sehingga dapat merubah mindset.

"Soal konflik ini banyak masyarakat rentan dipengaruhi. Masyarakat, pemuda diberikan informasi tidak baik bisa dengan mudah merubah mindset, "kata dia.

Dikatakannya, soal dialog dari tiga perspektif ini berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah konflik di Papua. Namun, perlu ada penyamaan dialog sehingga tercipta kunci menyelesaikan konflik.

"Dialog dalam kata kunci menyelesaikan konflik. Dialog ini berbeda-beda, bagaiaman menyatukan persepsi, " tutur dia.

Ia juga menambahkan, ada beberapa poin rekomendasi di dalam buku ini untuk menyelesaikan konflik menuju perdamaian. Pertama dengan membentuk komisi kebenaran dan rekontruksi. Kedua, tetap melaksanakan dialog substantial. Ketiga, membangun narasi positif. Dan keempat memastikan wawasan nusantara dalam kurikulum belajar.

KEYWORD :

Steve Rick Penulis Papua Kunci Perdamaian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :