Sabtu, 20/04/2024 15:04 WIB

Infeksi Baru Covid-19 di Fujian Naik Dua Kali Lipat

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan, 59 kasus baru yang ditularkan secara lokal dilaporkan untuk 13 September, naik dari 22 infeksi yang dilaporkan sehari sebelumnya. Semuanya berada di Fujian.

China mengonfirmasi kasus kematian akibat virus korona di luar Kota Wuhan (Foto: science news)

Beijing, Jurnas.com - Infeksi lokal Covid-19 di Provinsi Fujian, China naik dua kali lipat pada Selasa (14/9). Kondisi ini mendorong para pejabat untuk segera menerapkan pembatasan perjalanan untuk menekan penularan.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan, 59 kasus baru yang ditularkan secara lokal dilaporkan untuk 13 September, naik dari 22 infeksi yang dilaporkan sehari sebelumnya. Semuanya berada di Fujian.

Dikutip dari Reuters, hanya dalam empat hari, total 102 infeksi komunitas telah dilaporkan di Fujian, sebuah provinsi yang berbatasan dengan Zhejiang di utara dan Guangdong di selatan.

Infeksi datang menjelang liburan Hari Nasional selama seminggu yang dimulai pada 1 Oktober. Wabah domestik terakhir pada akhir Juli hingga Agustus mengganggu perjalanan, memukul sektor pariwisata, perhotelan dan transportasi.

Wabah Fujian dimulai di Putian, sebuah kota berpenduduk 3,2 juta, dengan kasus pertama dilaporkan pada 10 September. Tes awal pada sampel dari beberapa kasus Putian menunjukkan pasien telah tertular varian Delta yang sangat menular.

Virus tersebut telah menyebar ke selatan ke kota pesisir Xiamen yang indah, yang melaporkan 32 kasus baru penularan komunitas untuk 13 September dibandingkan dengan hanya satu infeksi sehari sebelumnya.

Seperti Putian, Xiamen telah mengunci beberapa area dengan risiko virus yang lebih tinggi, melarang pembelajaran luring di taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah, menutup tempat-tempat umum seperti bioskop, pusat kebugaran dan bar, dan mengatakan kepada penduduk untuk tidak meninggalkan kota jika alasannya tidak penting.

Pasien pertama di cluster Xiamen adalah kontak dekat dengan kasus di Putian, kata otoritas kesehatan Xiamen pada Senin malam.

Namun, kedua kota tersebut belum mengumumkan penguncian seluruh kota yang keras seperti yang terlihat pada awal 2020 di China.

Tiga kasus baru penularan komunitas juga dilaporkan di kota Quanzhou terdekat, dibandingkan enam infeksi sehari sebelumnya.

Secara keseluruhan, China daratan melaporkan 92 kasus virus corona baru yang dikonfirmasi untuk 13 September, termasuk infeksi impor, dibandingkan dengan 49 sehari sebelumnya.

China melaporkan 20 kasus baru virus corona tanpa gejala, yang tidak diklasifikasikan sebagai infeksi yang dikonfirmasi, dibandingkan dengan 28 kasus sehari sebelumnya.

Pada 13 September, China daratan telah mencatat 95.340 kasus yang dikonfirmasi, dengan jumlah kematian kumulatif tidak berubah pada angka 4.636.

KEYWORD :

Kasus Covid-19 Virus Corona China Provinsi Fujian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :