Kamis, 25/04/2024 07:37 WIB

AS-Korsel-Jepang Gelar Pertemuan soal Korut Pekan Depan

Ketiga negara telah membahas cara untuk memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara mengenai senjata nuklir dan program rudal balistiknya, yang telah menarik sanksi internasional.

Peta Korea Utara, Korea Selatan, dan Jepang (Foto: Sindo)

Seoul, Jurnas.com - Masing-masing perwakilan Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang akan mengadakan pertemuan tentang Korea Utara minggu depan di Tokyo. Demikian keterangan Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Jumat (10/9).

Ketiga negara telah membahas cara untuk memecahkan kebuntuan dengan Korea Utara mengenai senjata nuklir dan program rudal balistiknya, yang telah menarik sanksi internasional.

Noh Kyu-duk, perwakilan khusus Seoul untuk urusan perdamaian dan keamanan semenanjung Korea, akan melakukan perjalanan ke Jepang akhir pekan ini, untuk kunjungan tiga hari.

Selama di sana, dia akan bertemu dengan utusan AS untuk Korea Utara Sung Kim, dan Takehiro Funakoshi, direktur jenderal Biro Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang.

Para pejabat akan membahas masalah nuklir Korea Utara serta kerja sama antara negara mereka.

"Ketiga negara diharapkan untuk melakukan diskusi mendalam tentang cara-cara untuk mempromosikan kerja sama untuk mengelola situasi Semenanjung Korea secara stabil dan melanjutkan proses perdamaian semenanjung pada tanggal awal," demikian bunyi pernyataan itu dikutip dari Reuters.

Pemerintahan AS Joe Biden akan mengeksplorasi diplomasi untuk mencapai denuklirisasi Korea Utara, tetapi tidak menunjukkan kesediaan untuk meringankan sanksi.

Selama kunjungan ke Seoul pada Agustus lalu, Sung Kim mengatakan dia siap untuk bertemu dengan pejabat Korea Utara di mana saja dan kapan saja.

Pyongyang juga mengatakan terbuka untuk diplomasi, tetapi tidak melihat tanda-tanda perubahan kebijakan dari Amerika Serikat, mengutip masalah-masalah seperti sanksi serta latihan militer bersama dengan Korea Selatan.

KEYWORD :

Korea Selatan Amerika Serikat Jepang Korut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :