Selasa, 19/10/2021 09:37 WIB

Serahkan Bantuan Masker, Kemendagri Berharap FKUB Papua Dukung Penerapan Prokes

Benni menjelaskan, mengenakan masker merupakan salah satu upaya penanganan Covid-19 di sektor hulu.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benni Irwan menyerahkan bantuan masker kepada FKUB Provinsi Papua, di UPT Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Papua. (Foto: Puspen Kemendagri)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benni Irwan menjelaskan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan salah satu mitra pemerintah, dalam mendukung sosialisasi berbagai kebijakan kepada masyarakat. Salah satunya dalam mendukung penerapan protokol kesehatan.

Hal itu, disampaikannya saat memberi sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan masker kepada FKUB Provinsi Papua, di UPT Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Papua, dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri (5/9).

Dalam acara ini, Kemendagri menyalurkan bantuan masker kepada FKUB Provinsi Papua. Bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Kemendagri memberikan bantuan sebanyak 30.000 lembar masker.

"Kaitannya dengan kegiatan ini, keberadaan tokoh-tokoh masyarakat (agama) di lapangan, di kampung-kampung (desa), di distrik-distrik (kecamatan) inilah yang memudahkan program pesan-pesan dan kebijakan sampai ke masyarakat, bahkan ke individu-individu ," kata Benni dalam.sambutannya.

Sebelumnya, Benni mengaku mendapat kabar dari Ketua FKUB Provinsi Papua, bahwa tidak sedikit masyarakat sekitar yang tidak mengenakan masker. Hal itu bukan karena keengganan untuk mengenakan masker, melainkan lebih kepada daya beli dan prioritas belanja masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan pangan setiap hari.

Benni menjelaskan, mengenakan masker merupakan salah satu upaya penanganan Covid-19 di sektor hulu. Hal itu sekaligus merupakan protokol kesehatan yang harus terus digalakkan. 

Penyebaran Covid-19 melalui percikan ludah (droplet) dan virus-virus yang berterbangan pada saat batuk atau bersin (aerosol), maka memakai masker menjadi cara utama dalam mencegah penularan virus tersebut. 

"Penelitian mengatakan, 60 sampai 70 persen penularan Covid-19 bisa dilakukan dengan menggunakan masker secara benar," kata Benni.

Benni menambahkan, pemerintah saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19, termasuk percepatan pelaksanaan program vaksinasi. Untuk itu, Benni berharap, dengan bantuan masker dari Kemendagri tersebut, FKUB Provinsi Papua dapat turut membantu menyosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, termasuk mengikuti program vaksinasi. 

Tujuannya, agar upaya pencegahan penyebaran pandemi dapat terus dilakukan. "Kami mohon bantuan dari FKUB untuk menyebarluaskan (masker) ini kepada masyarakat," ujar Benni.

Sementara itu, Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt. Lipiyus Biniluk M.Th menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan masker yang diberikan Kemendagri. Senada dengan Benni, menurut Lipiyus, mengenakan masker merupakan salah satu cara penting dalam mencegah penularan Covid-19. 

Selain itu, masker juga dapat melindungi penggunanya dari debu. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan, akan membagikan masker tersebut kepada masyarakat.

Sebagai informasi, selain dihadiri langsung oleh Kapuspen Kemendagri, bantuan masker tersebut juga melibatkan jajaran Kemendagri lainnya, antara lain Kepala Biro Umum Kemendagri Heru Tjahyono, dan perwakilan Korpri Kemendagri.

TAGS : Kementerian Dalam Negeri Masker Papua Benni Irwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :