Kamis, 18/04/2024 21:51 WIB

Uang Pendidikan Naik Penyebab Inflasi di Agustus 2021

Kantor Badan Pusat Statistik. (Foto: bps.go.id))

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi pada bulan Agustus 2021 sebesar 0,03%. Sejumlah komoditas yang mendorong peningkatan harga pada bulan Agustus 2021, antara lain komoditas di kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau serta kelompok Pendidikan.

“Di bulan Agustus 2021 ini juga merupakan tahun ajaran baru, sehingga uang sekolah SD, SMP, SMA, maupun uang kuliah perguruan tinggi mengalami peningkatan dengan andil masing-masing 0,02%,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dalam video virtual, Rabu (1/9/2021).

Sementara dari kelompok Makanan, beberapa komoditas yang mendorong inflasi antara lain minyak goreng dengan andil 0,02%, kemudian tomat, ikan segar, pepaya, rokok kretek memberi andil 0,01%.

Namun, ada beberapa komoditas makanan yang mengalami penurunan harga (deflasi) sehingga menghambat laju inflasi, seperti cabai rawit yang memberi andil deflasi 0,05%.

"Ada beberapa komoditas lain juga yang mengalami deflasi, seperti daging ayam ras, cabai merah, bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, serta tarif angkutan udara," katanya.

KEYWORD :

BPS Inflasi Agustus 2021 Uang Sekolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :