Selasa, 26/10/2021 03:39 WIB

900 Ribu Vaksin Pfiezer Perdana Segera Tiba di Taiwan

Sekitar 900.000 dosis vaksin Pfizer diperkirakan akan segera tiba di Taiwan, menurut keterangan Menteri Kesehatan Chen Shih-chung pada Selasa (31/8).

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Taipei, Jurnas.com - Sekitar 900.000 dosis vaksin Pfizer diperkirakan akan segera tiba di Taiwan, menurut keterangan Menteri Kesehatan Chen Shih-chung pada Selasa (31/8).

Dikutip dari Reuters, ini merupakan pengiriman Pfizer perdana dan sangat dinanti-nantikan sebelumnya, meski pemesanannya melalui proses politisasi alot.

Taiwan menyalahkan China, karena melanggar perintah dari perusahaan Jerman awal tahun ini, tuduhan yang dibantah dengan marah oleh Beijing.

Pemerintah Taiwan kemudian mengizinkan pemasok utama Apple Inc, Foxconn, Hon Hai Precision Industry Co Ltd, serta pendiri miliarder terkenal Terry Gou, bersama dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd, untuk bernegosiasi atas namanya untuk pembelian vaksin.

Kesepakatan US$350 juta untuk 10 juta suntikan ditandatangani bulan lalu, yang akan diberikan kepada pemerintah untuk selanjutnya didistribusikan.

Menteri Kesehatan Chen Shih-chung, ditanya apakah vaksin pertama BioNTech SE akan tiba pada Rabu (1/9) besok, dia menjawab tidak dapat memberikan jadwal yang tepat, "tetapi waktu yang disebutkan sangat dekat".

"Jumlahnya sekitar 900.000 dosis," tambah dia.

Chen mengatakan bahwa kedatangan vaksin memiliki "makna besar" bagi Taiwan, dan dia memastikan bakal menyambut di bandara saat kedatangan vaksin tersebut.

"Saya hanya akan pergi ketika pesawat tiba," katanya.

Lebih dari 10 juta dosis vaksin telah tiba di Taiwan hingga saat ini, terbagi antara Moderna Inc dan AstraZeneca. Sementara vaksin lokal Medigen Vaccine Biologics Corp juga telah mulai diberikan.

TAGS : Pfizer Vaksinasi Covid-19 Taiwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :