Komisi X DPR: Kemendikbud Ristek Harus Pertahankan Opini WTP

Rabu, 25/08/2021 16:14 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) diharapkan mampu mempertahankan status penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kinerja keuangannya yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kemendikbud meraih WTP tujuh kali berturut-turut.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi capaian Kemendikbud tersebut.

“Selamat kepada Kemendikbud atas tujuh tahun berturut-turut mendapat predikat WTP. Ini tidak lepas dari upaya untuk terus memperbaiki sistem perencanaan, implementasi, koordunasi, dan transparansi,” apresiasi Hetifah saat mengikuti rapat kerja secara virtual dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Rabu (25/8).

Capaian ini, harap politisi Partai Golkar itu, bisa memotivasi kementerian lain agar mampu meraih opini WTP seperti kementerian yang dipimpin Nadiem tersebut. Namun, di sisi lain, ada yang perlu dimaklumi soal realisasi anggaran dua tahun terakhir. Pada tahun 2019, realisasi anggaran Kemendikbud Ristek mencapai 97 persen. Dan pada 2020 mencapai 91,5 persen. Ada sedikit penurunan.

“Kami bisa memaklumi adanya penurunan realisasi anggaran tahun 2019 yang mencapai 97 persen menjadi 91,5 persen pada 2020. Ini tidak bisa dihindari mengingat kita digempur Covid-19, banyak program baru, banyak refocusing, semua harus serba cepat dan tepat, serta sektor ini yang paling terdampak. Ya, kita bisa memaklumi hal ini," kata legislator asal Kalimantan Timur itu.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2