Balas Diskriminasi Inggris, Rusia Usir Jurnalis BBC

Jum'at, 13/08/2021 22:48 WIB

Moskow, Jurnas.com - Rusia memberikan ultimatum kepada salah seorang jurnalis BBC yang bekerja di Moskow, supaya meninggalkan negara itu pada akhir bulan ini.

Pengusiran tersebut merupakan balas dendam atas tindakan diskriminatif Inggris terhadap jurnalis Rusia yang bekerja di Inggris.

Dikutip dari Reuters pada Jumat (13/8), Sarah Rainsford, satu dari dua koresponden Moskow untuk BBC, akan pulang pasca pengumuman bermuatan deportasi itu.

Pihak berwenang Rusia telah memutuskan untuk tidak memperbarui akreditasi Rainsford, untuk bekerja sebagai jurnalis asing di Moskow setelah akhir bulan ini, ketika visanya yang ada habis masa berlakunya.

Langkah itu merupakan tanggapan atas penolakan London untuk memperbarui atau mengeluarkan visa bagi wartawan Rusia di Inggris.

"Sarah Rainsford akan pulang. Menurut para ahli kami, koresponden biro BBC Moskow ini tidak akan diperpanjang visanya karena Inggris, di bidang media, telah melewati semua garis merah kami," demikian laporan TV Rossiya-24.

"Pengusiran Sarah Rainsford adalah respons simetris kami," katanya.

Maria Zakharova, juru bicara kementerian luar negeri Rusia, mengatakan bahwa perwakilan BBC telah berada di kementerian dalam beberapa hari terakhir dan semuanya telah dijelaskan kepada mereka secara rinci.

Zakharova mengatakan Moskow telah memperingatkan London berkali-kali bahwa mereka akan menanggapi apa yang disebutnya penganiayaan terkait visa terhadap jurnalis Rusia di Inggris.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu