Persebaya dan Tiga Klub Lainnya Dihapus Dari Anggota PSSI

Kamis, 10/11/2016 14:04 WIB

Jakarta - Hasil Kongres Biasa Pemilihan PSSI 2016 memutuskan membatalkan status Persebaya Surabaya kembali menjadi anggota PSSI. Klub ini sempat akan dibahas lagi dalam agenda ke delapan berisi penerima anggota baru. Tapi kemudian ditolak lewat mekanisme pemilihan suara.

Kongres yang digelar di Hotel Mercure Ancol itu, juga menolak tiga  klub lainnya,  Arema Indonesia, Persiwangi Banyuwangi dan Lampung FC. Terdapat 107 anggota PSSI dalam Kongres, tapi hanya 105 yang memiliki hak suara. UNI Bandung dan Persigar Garut dinyatakan tidak memiliki hak suara lantaran masih terjadi dualisme di dalam klub.

"Hasilnya, 10 voters setuju, 84 tidak setuju dan lima abstain. Hingga diputuskan agenda nomor delapan dihapus dan tidak dibahas di kongres ini," kata Hinca Panjaitan, Plt Ketua Umum PSSI sekaligus pimpinan kongres.

Selain batal membahas status empat klub, Kongres juga batal membahas agenda penghapusan sanksi klub dan perorangan. Dari hasil pemungutan suara tercatat, 84 voters menyatakan tidak setuju agenda pemutihan sanksi, 14 setuju, dan tujuh di antaranya tidak menentukan pilihan.

"Maka, sesuai kesepakatan pemegang suara hasilnya, keputusan untuk agenda ketujuh tidak diterima dan dihapus," sebut Hinca.

Konsekuensi dari keputusan itu adalah orang-orang yang terkena sanksi, baik dalam kedudukan pemegang suara atau lainnya, dianggap gugur atau tidak berhak berada di dalam kongres.

Djohar Arifin yang merupakan Calon Ketua Umum PSSI, kena usir di arena Kongres. Maka pencalonannya dianggap gugur walau sudah dinyatakan lolos verifikasi oleh Ketua Tim Pemilihan, Agum Gumelar.

Djohar dianggap membelot dengan tudingan memalsukan tanda tangan serta mengirimkan email ke FIFA bahwa ia masih sebagai ketua umum yang sah, padahal saat itu La Nyalla Matalitti sudah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2