Kamis, 25/04/2024 04:59 WIB

Taklukkan Persebaya, PSM Makin Kukuh di Pucuk Klasemen

Berkat kemenangan tipis 1-0 itu, PSM pun semakin kukuh di puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 56 poin

Para punggawa PSM Makassar (foto: Google)

Gresik, Jurnas.com - PSM Makassar sukses meraih tiga poin penting usai taklukkan Persebaya Surabaya 1-0 di laga lanjutan Liga 1 2022-2023 pada Jumat (24/2/2023) sore WIB.

Bermain di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, tim berjuluk Juku Eja itu menang berkat gol bunuh diri pemain Persebaya, Muhammad Alwi di menit 71.

Berkat kemenangan tipis 1-0 itu, PSM pun semakin kukuh di puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 56 poin alias unggul empat angka dengan Persib Bandung yang berada di urutan kedua. Sementara Persebaya tak beranjak dari peringkat ketujuh dengan 37 poin.

Pertandingan berjalan cukup sengit sejak awal. Pasalnya, baik Persebaya maupun PSM Makassar saling jual beli serangan kendati belum ada ancaman yang berarti sampai memasuki menit ke-15.

Juku Eja kerap menggempur lini pertahanan Persebaya dengan mengandalkan kecepatan para wingernya. Namun itu semua masih bisa diantisipasi dengan baik oleh pasukan Aji Satoso.

Sementara Bajul Ijo terlihat masih sangat kesulitan untuk menembus pertahanan PSM. Mereka memiliki peluang walaupun tidak mengancam lewat tendangan Ze Valente di menit ke-35 yang masih melebar.

Di lima menit akhir babak pertama, Bajul Ijo mendapatkan beberapa peluang lewat Januar Eka. Salah satunya terjadi pada menit ke-44, yang mana tendangan Januar masih bisa diblok oleh Erwin Gutawa. Hasilnya, Persebaya dan PSM masih sama kuat di babak pertama dengan skor 0-0.

Persebaya memasukan Paulo Victor dan Sho Yamamoto di babak yang kedua. Perubahan itu langsung terlihat karena permainan Bajul Ijo tampak lebih hidup dalam melancarkan serangannya ke area pertahanan PSM.

Pertandingan berjalan cukup menarik karena intensitas berjalan lebih tinggi dibanding babak yang pertama. Hingga akhirnya, PSM berhasil membuka keran golnya di menit ke-71. Sangat disayangkan, gol yang bersarang ke gawang Persebaya itu tercipta lewat gol bunuh diri sang kapten Alwi Slamat.

Persebaya hampir saja menyamakan kedudukan di menit ke-80 setelah Paulo Victor lepas dari jebakan offside. Namun sialnya, tendangan pemain asal Brasil itu masih sangat lemah sehingga mudah ditangkap kiper PSM, Reza Pratama.

Skuad Bajul Ijo mencoba terus menekan di sisa waktu yang ada demi mencetak gol penyama kedudukan. Tapi upaya Ze Valente dan kolega harus sia-sia. Sebab, PSM mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0 atas Persebaya.

Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs PSM Makassar:

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Andhika Ramadhani; Koko Arya, Leo Lelis, Rizky Ridho, Alta Ballah, Andre Oktaviansyah (Brayen Pondaag 86’), Alwi Slamat (Brylian Aldama 75’); Deny Agus (Sho Yamamoto 46’), Ze Valente, Risky Dwiyan (Ahmad Nufiandani 57’); Januar Eka Ramadhan (Paulo Victor 46’).

Pelatih: Aji Santoso.

PSM Makassar (3-5-2): Muhammad Reza Pratama; Erwin Gutawa, Yuram Fernandes, Agung Mannan (Safrudin Tahar 46’); Yakob Sayuri (Mufli Hidayat 90+2’), Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Everton Nascimento 62’), Muhammad Arfan, Rizky Eka Pratama (Victor Dethan (90+2); Ramadhan Sananta (Ananda Raehan 62’), Wiljan Pluim.

Pelatih: Bernardo Tavares.

 

KEYWORD :

Persebaya Vs PSM Makassar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :