IKEA Prancis Didenda Rp16,8 Triliun terkait Pelanggaran Privasi

Selasa, 15/06/2021 16:17 WIB

Paris, Jurnas.com - Pengadilan Prancis menjatuhkan denda sebesar 1 juta euro atau Rp16,8 triliun, pada Selasa (15/6), setelah terbukti melakukan pelanggaran privasi.

Menurut laporan pengadilan, perusahaan Swedia cabang Prancis itu mengintai para pekerjanya selama beberapa tahun. IKEA juga melanggar privasi dengan meninjau catatan rekening bank pekerjanya, dan terkadang menggunakan karyawan palsu untuk menulis laporan tentang staf.

Dikutip dari Reuters, jaksa bahkan mengajukan denda sebesar 2 juta euro terhadap perusahaan yang dimiliki oleh Grup Ingka tersebut. Hingga putusan ini dijatuhkan IKEA belum memberikan komentar.

Mantan kepala eksekutif IKEA Prancis, Jean-Louis Baillot, juga dinyatakan bersalah dalam kasus tersebut dan dijatuhi hukuman percobaan dua tahun penjara. Hakim mendendanya 50.000 euro karena menyimpan data pribadi.

Sebagaimana diketahui, tuduhan pelanggaran privasi terjadi difokuskan pada periode 2009-2012. Kendati demikian jaksa menuding pelanggaran dimulai sejak awal 2000-an.

Beberapa manajer toko dan karyawan di bagian sumber daya manusia, penyelidik swasta, dan petugas polisi termasuk di antara mereka yang menghadapi tuduhan.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih