Anggota Veteran Mossad Ditunjuk sebagai Kepala Baru Agen Mata-mata Israel

Selasa, 25/05/2021 06:57 WIB

Yerusalem, Jurnas.com - Seorang veteran Mossad, yang menurut media Israel mengkhususkan diri dalam merekrut agen untuk bekerja melawan Iran dan kelompok militan Hizbullah Lebanon, pada Senin ditunjuk sebagai kepala baru badan intelijen Israel.

David Barnea, 56, dan saat ini wakil direktur Mossad, akan menggantikan Joseph (Yossi) Cohen, awal bulan depan, kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Cohen mengundurkan diri setelah lebih dari lima tahun di pucuk pimpinan Mossad, di mana ia terlibat erat dalam penjangkauan Israel ke negara-negara Teluk Arab yang menghasilkan kesepakatan damai dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain tahun lalu.

Barnea bergabung dengan Mossad pada tahun 1996, melayani sebagai petugas kasus. Dari 2013 hingga pengangkatannya pada 2019 ke pos nomor dua Mossad, ia memimpin divisi Tzomet, yang menurut laporan media Israel merekrut dan menjalankan agen.

Surat kabar Haaretz mengatakan bahwa sebagai komandan Tzomet, Barnea bertanggung jawab untuk mendaftarkan operasi melawan target prioritas utama Mossad, Iran dan Hizbullah.

Iran menuduh Mossad berada di balik pembunuhan ilmuwan nuklir dan komandan militer serta sabotase di fasilitas pengayaan uranium yang menurut Israel merupakan bagian dari program yang bertujuan untuk memproduksi senjata atom.

Teheran membantah sedang berusaha membangun senjata nuklir.

Nama dan posisi Barnea di Mossad tidak dapat dilaporkan di Israel di bawah aturan sensor militer sampai pengumuman dari kantor perdana menteri tentang pengangkatan barunya. (Arab News)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2