53 Putra-Putri Korban KRI Nanggala 402 Diberi Beasiswa Pendidikan

Sabtu, 01/05/2021 12:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah memberikan beasiswa pendidikan kepada 53 putra-putri korban KRI Nanggala, yang tenggelam di laut utara Pulau Bali.

Pemberian beasiswa ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Sidoarjo, Jawa Timur.

"Pertama-tama atas nama negara, pemerintah, rakyat, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala 402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," ujar Presiden.

Kepala Negara menyampaikan bahwa putra-putri para awak kapal akan mendapatkan perhatian khusus dari negara agar bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

"Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," tegas Presiden.

Pada kesempatan terpisah, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyampaikan duka cita yang mendalam dan komitmen Kementerian untuk mendukung pendidikan putra putri 53 awak KRI Nanggala.

"Keluarga besar di kementerian sangat berduka cita atas wafatnya para patriot penjaga kedaulatan negara," ujar Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem mengatakan, "Negara ini berhutang budi, bahkan nyawa kepada awak KRI Nanggala 402. Membantu anak-anak para patriot ini agar dapat mengenyam pendidikan adalah setidaknya yang dapat kami lakukan."

Turut hadir bersilaturahmi adalah , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Kahar.

Kepala Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Abdul Kahar menyampaikan, beasiswa pendidikan diberikan bagi seluruh anak keluarga KRI Naggala 402. Pada tahap awal akan diberikan beasiswa kepada 51 anak yang terdiri dari 34 anak jenjang SD, lima anak jenjang SMP, empat anak jenjang SMA, dan delapan anak jenjang pendidikan tinggi.

"Tahun ini, beasiswa diberikan bagi putera-puteri yang sudah masuk pendidikan formal. Nantinya beasiswa akan diberikan juga bagi putera-puteri yang saat ini masih balita. Kesemuanya dilakukan secara bertahap," sambung dia.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?