Tahun Ini, UT Siapkan Sistem Pelayanan Berbasis Digital

Senin, 26/04/2021 00:03 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat menyebut pihaknya tengah mencanangkan sistem pelayanan berbasis digital mulai tahun ini.

Hal itu dikemukakan saat mengisi sambutan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) UT Hong Kong 2021 secara virtual, pada Minggu (25/4).

"UT mencanangkan semua sistem pelayanan dalam Digital Learning Ecosystem UT," kata Ojat dalam kesempatan tersebut.

Dia menuturkan, seluruh pelayanan akan didukung oleh teknologi terkini yang terintegrasikan dalam sistem digital, dengan tujuan menciptakan layanan yang semakin baik, pengambilan keputusan makin cepat, dan membuat performa organisasi meningkat.

Sebagai pelopor pendidikan jarak jauh, lanjut Ojat, Universitas Terbuka terus berkembang untuk membangun bangsa melalui peningkatan kualitas SDM di seluruh pelosok negeri, termasuk WNI di luar negeri.

Apalagi, selama pandemi Covid-19 yang mendorong seluruh satuan pendidikan menerapkan pendidikan jarak jauh (PJJ), UT menjadi rujukan dari berbagai perguruan tinggi.

"Saat ini UT melayani mahasiswa di 45 negara. Namun berdasarkan data Ujian Akhir Semester (UAS) yang dilakukan pada pertengahan Desember 2020, UAS diikuti mahasiswa dari 91 negara. Ini menunjukkan daya jangkau UT yang lebih luas lagi tanpa batas ruang dan waktu," papar Ojat.

Ojat menambahkan, UT akan terus berproses menuju universitas siber dengan menyediakan berbagai layanan akademik yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), seperti Student Record System (SRS) untuk mendukung sistem registrasi dan administrasi akademik, online billing system, Sistem Informasi Bahan Ajar, Toko Buku Online, Bahan Ajar Digital, perpustakaan digital, dan sistem ujian daring.

UT juga menyediakan modus pembelajaran berbasis web (tutorial webinar) sebagai salah satu modus resmi layanan tutorial bagi mahasiswa.

"UT juga memberi akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk meningkatkan pendidikan. Kini UT juga telah membuka program pascasarjana yang meliputi program Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Manajemen Perikanan, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Dasar, dan Magister Ilmu Lingkungan," tandas dia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2