Pimpinan DPR Minta Pemerintah Manfaatkan Lahan Tidur untuk Cegah Krisis Pangan

Selasa, 30/03/2021 16:13 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan meminta pemerintah memanfaatkan fungsi lahan tidur untuk digunakan sebagai lahan pertanian.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan, hal itu dilakukan untuk mencegah dan menghadapi terjadinya krisis pangan di tengah pandemi covid 19.

"Potensi krisis pangan dapat saja terjadi di tengah pandemi covid 19, dengan terkendalanya distribusi barang atau pangan antar negara yang berdampak pada kebutuhan pangan dalam negeri. Tentunya lahan yang dapat digarap dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan mengutamakan prinsip pelibatan aktif rakyat sebagai aktor utamanya," terang dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (30/3).

Politikus Golkar itu menjelaskan, nantinya para petani milenial di Indonesia dapat mengelola lahan tersebut dengan mengedepankan kelompok tani melalui pola kemitraan dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, dapat dijadikan sebuah terobosan baru dalam melakukan rencana program cetak sawah baru dengan prinsip pokok.

"Kita berdayakan para petani dan konsep ini tentunya berbeda dengan food estate atau lumbung pangan yang telah dibuat oleh pemerintah seperti di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara," terang Azis.

Terakhir, dia menginginkan langkah ini dapat membantu beban anggaran pemerintah yang selama ini terfokus pada program Pemuliham Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

"Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sudah cukup besar, mari kita membantu pemerintah dengan aksi nyata dan program yang solutif yang fokus pada kesejahteraan masyarakat," demikian Azis Syamsuddin.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2