Tuk Tuk, Bus Wisata, dan Perahu Thailand Terpaksa Tutup saat Tahun Baru Imlek

Kamis, 11/02/2021 19:09 WIB

Bangkok, Jurnas.com - Diparkir dalam barisan dengan banyak debu dan sarang laba-laba, ratusan becak bermotor “tuk tuk”, bus wisata, dan perahu terparkir diam di seberang ibu kota Thailand, Bangkok, setelah mengalami pukulan ganda dari pandemi virus corona dan kurangnya wisatawan asing.

Perayaan Tahun Baru Imlek, yang dimulai pada hari Jumat (12/2/2021), biasanya mendatangkan lonjakan pengeluaran dan perjalanan di antara orang Thailand dan masuknya pengunjung dari China dan tempat lain di Asia.

Tapi pandemi telah menjungkirbalikkan bisnis transportasi Thailand, membuat banyak pengemudi dan pemilik berjuang untuk memenuhi kebutuhan, sementara survei memperkirakan pengeluaran Tahun Baru Imlek akan mengalami penurunan paling tajam dalam 13 tahun.

“Tuk-tuk ini telah diparkir selama setahun, Anda dapat melihat semuanya tertutup debu,” kata pemilik garasi Kraisak Kulkiatprasert, yang sekarang menyewakan kurang dari 10 kendaraan sehari, meskipun telah memangkas persewaan, dibandingkan lebih dari 100 sebelumnya .

“Saya akan memantau situasi selama satu tahun lagi,” tambahnya. “Jika tidak membaik, saya harus menutupnya.”

Campon Taikae, seorang pengemudi tuk tuk berusia 50 tahun, mengatakan bahwa dia hanya berpenghasilan 50 baht (1,70 dollar) setelah mengemudi selama berjam-jam sehari sebelumnya, tetapi dia merasa dia tidak memiliki kesempatan untuk menemukan pekerjaan lain.

Dilansir dari Reuters, Kamis (11/2/2021), di bagian lain Bangkok, bus wisata diparkir dalam antrean panjang, tanpa penumpang turis.

“Sebelum pandemi COVID, saya tidak pernah kekurangan pekerjaan,” kata pengemudi Tossaporn Rakratchakarn, saat membersihkan kaca depan kendaraannya yang penuh debu.

“Saya biasanya menurunkan turis dan menjemput kelompok lain. Sudah setahun sekarang dan tidak ada pergerakan sama sekali," tambah Tossaporn, yang bahkan pernah kembali ke desa asalnya, untuk merawat kolam ikan.

Wasuchet Sophonsathien, presiden Asosiasi Operator Transportasi Thailand, mengatakan hanya sekitar sepersepuluh dari 40.000 bus wisata Thailand yang masih beroperasi.

Ceritanya sama untuk banyak kapal wisata dan kapal feri. Keadaan benar-benar berbeda dari masa lalu ketika penumpang mengemasi kapalnya, kata Mani Hogkhontod, seorang pengemudi kapal berusia 54 tahun.

“Saya sudah berpikir untuk mencari pekerjaan baru, tapi saya khawatir saya harus mulai dari nol, karena pengalaman kerja dan usia saya,” katanya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2