Vaksin Vaksin Oxford-AstraZeneca Diklaim Efektif Melawan Varian Virus Baru

Sabtu, 06/02/2021 11:48 WIB

London, Jurnas.com -  Vaksin COVID-19 AstraZeneca dan Universitas Oxford memiliki kemanjuran yang sama terhadap varian virus corona Inggris seperti halnya varian yang beredar sebelumnya.

Varian, pertama kali diidentifikasi di Kent, Inggris selatan, lebih mudah ditularkan, mendorong banyak negara untuk membatasi perjalanan ke Inggris. Itu juga menyebabkan lonjakan infeksi yang memaksa penguncian nasional baru di Inggris bulan lalu.

Penguncian itu terjadi ketika Inggris mulai meluncurkan vaksin AstraZeneca. Lebih dari 10 juta orang telah menerima dosis pertama dari suntikan AstraZeneca atau Pfizer.

Inggris mengatakan bahwa mereka yakin vaksin itu efektif terhadap varian yang beredar di Inggris.

"Data dari uji coba kami terhadap vaksin ChAdOx1 di Inggris menunjukkan, vaksin tersebut tidak hanya melindungi dari virus pandemi asli, tetapi juga melindungi dari varian baru, B117, yang menyebabkan lonjakan penyakit mulai akhir 2020 di seluruh Inggris," kata Andrew Pollard, kepala penyelidik pada uji coba vaksin Oxford, Jumat (5/2).

Sarah Gilbert, salah satu pengembang vaksin, mengatakan bahwa meskipun vaksin memiliki khasiat terhadap varian Inggris, mungkin perlu diadaptasi untuk varian yang akan datang.

"Kami bekerja sama dengan AstraZeneca untuk mengoptimalkan jalur pipa yang diperlukan untuk penggantian regangan jika diperlukan," kata Gilbert.

Penemuan, dirilis dalam kertas pra-cetak dan belum ditinjau sejawat, juga merinci analisis terbaru yang menunjukkan vaksinasi dengan suntikan menghasilkan pengurangan durasi pelepasan dan viral load, yang dapat diterjemahkan ke dalam penurunan penularan penyakit.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih