India Luncurkan Kampanye Vaksinasi COVID-19 Terbesar Dunia

Sabtu, 16/01/2021 11:28 WIB

New Delhi, Jurnas.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi akan meluncurkan kampanye vaksinasi virus corona (COVID-19) "terbesar di dunia" pada pada Sabtu (16/1).

Vaksinasi itu diluncurkan ketika negara terpadat di dunia setelah China mencoba mengendalikan pandemi COVID-19 yang dimulai dengan dua suntikan yang diproduksi secara lokal.

Dilansir dari Reuters, Modi akan berbicara kepada petugas kesehatan melalui konferensi video tetapi tidak akan segera mengambil vaksin itu sendiri karena India pada awalnya memprioritaskan perawat, dokter, dan lainnya di garis depan.

Pada hari pertama, sekitar 100 orang akan divaksinasi secara sukarela di masing-masing dari 3.006 pusat kesehatan di negara itu, kata pemerintah minggu ini, menyebutnya sebagai awal dari kampanye terbesar di dunia.

"Ini akan menjadi program vaksinasi terbesar di dunia yang mencakup seluruh wilayah negara," kata kantor Modi dalam sebuah pernyataan minggu ini.

India mengatakan mungkin tidak perlu memvaksinasi semua 1,35 miliar penduduknya untuk menciptakan kekebalan kawanan. Namun, mencakup bahkan setengah dari populasinya akan menjadikannya salah satu program imunisasi terbesar di dunia.

Namun, penerima manfaat tidak akan dapat memilih antara vaksin Universitas Oxford / AstraZeneca dan vaksin yang didukung pemerintah dan berasal dari Bharat Biotech yang kemanjurannya tidak diketahui. Keduanya diproduksi secara lokal.

India, yang telah melaporkan jumlah infeksi COVID-19 tertinggi setelah Amerika Serikat (AS), ingin memvaksinasi sekitar 300 juta orang dengan dua dosis dalam enam hingga delapan bulan pertama tahun ini.

Sekitar 10,5 juta orang di India telah terinfeksi virus korona, lebih dari 151.000 di antaranya telah meninggal, meskipun tingkat kasus telah menurun sejak puncak pertengahan September.

Yang pertama mendapatkan vaksin adalah 30 juta pekerja kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, seperti petugas kebersihan dan keamanan, diikuti oleh sekitar 270 juta orang yang berusia di atas 50 tahun atau dianggap berisiko tinggi karena kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Modi mengatakan politisi tidak akan dianggap sebagai pekerja garis depan.

Pada Sabtu, dia juga diharapkan meresmikan platform online pemerintah Co-WIN yang akan memberikan informasi tentang stok vaksin, suhu penyimpanan dan pemantauan penerima manfaat.

Pemerintah telah membeli 11 juta dosis suntikan AstraZeneca COVISHIELD, yang diproduksi oleh Serum Institute of India, dan 5,5 juta dari COVAXIN Bharat Biotech.

COVISHIELD 72 persen efektif, menurut regulator obat India, sementara Bharat Biotech mengatakan hasil uji coba tahap terakhir COVAXIN diharapkan pada Maret.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih