Ford Akan Menutup Pabrik di Brasil dan Mengambil Biaya Sebelum Pajak $ 4,1 Miliar

Selasa, 12/01/2021 09:57 WIB

Sao Paulo, Jurnas.com - Ford Motor Co mengatakan pada hari Senin (11/1) akan menutup tiga pabriknya di Brasil tahun ini dan mengambil biaya sebelum pajak sekitar $ 4,1 miliar karena pandemi COVID-19 memperkuat kapasitas produksi perusahaan yang sedang digunakan.

Produksi akan segera dihentikan di pabrik Ford di Camaçari dan Taubaté, dengan beberapa produksi suku cadang berlanjut selama beberapa bulan untuk mendukung inventaris penjualan purnajual. Pabrik Troller di Belo Horizonte, Brazil, akan terus beroperasi hingga kuartal keempat.

Pejabat Ford mengatakan tindakan itu adalah bagian dari restrukturisasi global $ 11 miliar yang sebelumnya diperkirakan oleh pembuat mobil AS, yang telah menyumbang $ 4,2 miliar hingga kuartal ketiga tahun 2020. Saham Ford ditutup lebih dari 3%.

Dikutip dari Reuters, penutupan pabrik mempengaruhi sekitar 5.000 karyawan, sebagian besar di Brasil, juru bicara Ford, T.R. Reid mengatakan pada panggilan konferensi dengan wartawan.

Penjualan kendaraan industri turun 26% di Brasil tahun lalu dan diperkirakan tidak akan pulih ke level 2019 hingga 2023 dengan penekanan pada penjualan armada yang kurang menguntungkan, kata Ford.

“Kami tahu ini sangat sulit, tetapi perlu, tindakan untuk menciptakan bisnis yang sehat dan berkelanjutan,” kata Chief Executive Ford Jim Farley dalam sebuah pernyataan. “Kami beralih ke model bisnis yang ramping dan ringan dengan menghentikan produksi di Brasil.”

Pejabat Ford mengatakan penutupan pabrik adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai 8% margin operasi global. Ford, yang telah beroperasi di Brazil selama lebih dari satu abad, telah memulai diskusi dengan serikat pekerja dan pihak lain tentang PHK.

Kementerian Ekonomi Brasil menyesalkan keputusan Ford untuk menghentikan produksi di negara tersebut dan mengatakan hal itu memperkuat perlunya reformasi untuk meningkatkan iklim bisnis.

“Pukulan yang sangat keras ini mengejutkan kami. Kami tidak pernah membayangkan bahwa Ford dapat menutup pabriknya di Brasil, ”kata pemimpin serikat pekerja Julio Bonfim dalam pesan video kepada para pekerja.

Penutupan tersebut menandai kemunduran lain oleh Ford di pasar berkembang setelah perusahaan yang berbasis di Dearborn, Michigan bulan lalu membatalkan usaha patungan otomotifnya dengan Mahindra dan Mahindra Ltd. dari India.

Akibat penutupan pabrik, Ford akan mengakhiri penjualan SUV EcoSport, mobil subkompak Ka, dan SUV T4 di Amerika Selatan setelah persediaan terjual.

Ford mempertahankan pabrik di Argentina dan satu lagi di Uruguay.

Dari tagihan sebesar $ 4,1 miliar, Ford mengatakan pihaknya mengharapkan untuk mencatat sekitar $ 2,5 miliar pada kuartal keempat tahun 2020 dan sekitar $ 1,6 miliar pada tahun 2021. Biaya tersebut termasuk sekitar $ 1,6 miliar dalam biaya non tunai dan sisanya dalam bentuk tunai, terutama pada tahun 2021 untuk menutupi PHK.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih