Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila Asah Pendidikan Karakter

Rabu, 11/11/2020 19:41 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila Sekolah Dasar 2020, pada Selasa (10/11) kemarin.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai wujud komitmen Kemdikbud melakukan penguatan pendidikan karakter bagi para peserta didik, dengan menghadirkan profil Pelajar Pancasila yang kreatif, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dan berkebinekaan global.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter, para peserta didik yang akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan perlu dibekali dengan kompetensi dan karakter yang berakar pada falsafah dan ideologi bangsa.

"Semangat Merdeka Belajar yang diajarkan Ki Hajar Dewantara mendorong pembelajaran yang relevan dan bermakna yang berfokus pada kebutuhan siswa," kata Mendikbud saat memberikan sambutan secara virtual.

Nadiem menyebut, selanjutnya pihaknya akan mendorong pembelajaran berbasis proyek, yang akan melatih kemampuan siswa serta guru berpikir kritis, kreatif, dan mengasah kemampuan berkolaborasi.

Kompetensi ini, lanjut Mendikbud, penting dimiliki setiap individu dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.

Mendikbud juga mengapresiasi kegiatan Gema Pertiwi Pelajar Pancasila 2020 yang diinisiasi Direktorat Sekolah Dasar sebagai wadah mengasah kreativitas.

"Melalui karya-karya kreatif yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila, seluruh pihak yang terlibat dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan dan inovatif," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemdikbud Jumari berharap kegiatan perdana ini dapat terus dilakukan setiap peringatan Hari Pahlawan, serta menjadi ruang inovasi dan kreativitas elemen sekolah yakni peserta didik, guru, dan orang tua.

"Melalui pembuatan karya video pendek dan cipta lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," urai Jumeri.

Jumeri melanjutkan, peran tiga pilar pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar sangat dibutuhkan.

Dengan terbangunnya kerja sama antara guru, sekolah dan masyarakat, diharapkan dapat menumbuhkan ide atau gagasan inovasi dan kreativitas yang tepat di masa pandemi ini.

"Belajar memang tidaklah selalu mudah tapi inilah saatnya kita berinovasi dan kreativitas. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen, inilah saatnya kita memulai yang lebih baik di masa depan," kata dia.

Direktur Sekolah Dasar Kemdikbud, Sri Wahyuningsih dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan Gebyar Gema Pertiwi merupakan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi peserta didik yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam rangka pembinaan peserta didik di masa pandemi Covid-19.

"Secara khusus, acara ini bertujuan untuk mendukung upaya terwujudnya pelajar Pancasila melalui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada peserta didik sekolah dasar, serta meningkatkan literasi digital, literasi science, serta literasi budaya dan kekeluargaan melalui pembuatan video pendek dan menciptakan lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," terang Sri.

Berdasarkan catatan, terdapat sebanyak 213 karya yang dikirimkan oleh kreator muda tingkat sekolah dasar dari seluruh Indonesia.

Adapun untuk kategori video pendek dimenangkan oleh Karin Nurhaliza dengan subtema `Internalisasi Nilai-nilai Pancasila`. Karin yang saat ini tercatat sebagai siswa Sekolah Dasar Islam Al-Hasanah, Ciledug, Tangerang menjadi salah satu dari empat nominator pada sub kategori yang sama.

Karin juga menerima hadiah serta piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Widyaprada Ahli Muda, Direktorat Sekolah Dasar Setiawan Witaradya.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih