Turki Minta Rusia Menekan Armenia Patuhi Gencatan Senjata

Selasa, 13/10/2020 08:10 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu meminta rekannya dari Rusia Sergey Lavrov untuk menekan Armenia agar mematuhi gencatan senjata.

Dilansir Middleeast, Selasa (13/10), Cavusoglu menekankan perlunya mengirim peringatan ke Armenia tentang menghormati gencatan senjata yang telah dilanggar setelah kurang dari 24 jam penandatanganan.

Sebelumnya, kantor kejaksaan Azerbaijan mengumumkan kematian sembilan warga sipil, termasuk empat wanita, dan cedera dari 34 lainnya menyusul serangan rudal Armenia di kota Ganja, meskipun gencatan senjata mulai berlaku pada siang hari pada Sabtu .

Kesepakatan gencatan senjata dicapai antara kedua belah pihak untuk alasan kemanusiaan setelah pertemuan tripartit diperpanjang yang diadakan pada hari Jumat di Moskow antara menteri luar negeri Azerbaijan, Armenia dan Rusia.

Pada 27 September, tentara Azerbaijan melancarkan operasi militer di wilayah Karabakh sebagai tanggapan atas serangan tentara Armenia di daerah berpenduduk.

Tentara Azerbaijan berhasil membebaskan kota Jrakan dan Hadrut, selain lebih dari 30 desa, dari pendudukan Armenia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2