Tutorial Menggambar Faber-Castell Banjir Peminat selama Pandemi

Jum'at, 14/08/2020 23:54 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pandemi virus corona baru (Covid-19) membawa berbagai kebiasaan baru di masyarakat, di antaranya intensitas beraktivitas di depan gawai dan internet yang jauh lebih lama dari era normal.

Terutama dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka di sekolah, peserta didik akhirnya berusaha mencari aktivitas yang menarik di internet, antara lain menggambar dan melukis, guna menghindari kebosanan atau stres di tengah pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurut Digital Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Martin Sori Tjukrono, menggambar, mewarnai, dan melukis secara manual di atas kertas diyakini dapat membantu mengurangi kecemasan, membantu daya ingat, hingga kembali meningkatkan kreativitas.

"Kegiatan tersebut banyak dipilih oleh anak-anak dan para orang tua dalam rangka mengisi waktu beberapa waktu lalu," terang Martin dalam keterangannya pada Jumat (14/8).

Seperti halnya tren di Faber-Castell Global yang mencatatkan kenaikan akses sebesar 300 persen pada video tutorial dan materi pembelajaran, Martin menemukan bahwa selama periode Mei hingga Agustus ini Faber-Castell Indonesia, melalui Youtube Faber-Castell Creative Kids memiliki hingga 302.600 penonton.

"Dengan peningkatan jumlah pengguna 851 orang, dan dengan total jam menonton mencapai 4.500 jam," ujar Martin.

Selain itu, lanjut Martin, materi pembelajaran kreatif yang berada di laman www.faber-castell.co.id juga telah diunduh sebanyak 7.100 kali hingga saat ini.

Martin menambahkan, saat ini Faber-Castell terus menghadirkan program-program workshop kreatif secara virtual, dengan beragam materi serta melibatkan pemateri baik nasional maupun mancanegara yang diperuntukan untuk pribadi atau kelompok/sekolah.

"Jadwal kegiatan-kegiatan workshop tersebut dapat dilihat melalui laman www.faber-castell.co.id maupun sosial media Instagram @fabercastell_id atau facebook @fabercastellcreativekids," papar dia.

Sementara itu, praktisi Art Therapy Adi Chandra menilai tren yang dialami oleh Faber-Castell sangatlah wajar, mengingat pada dasarnya manusia diciptakan untuk menciptakan sesuatu atau berkarya sesuai kapasitasnya masing-masing atau `created to create`.

Adi menambahkan, proses eksplorasi perasaan dan pikiran, reality testing, penyelesaian konflik emosional, dan pengembangan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan serta meningkatkan self esteem hanya bisa didapatkan melalui kegiatan berkesenian.

"Dan kegiatan seni khususnya menggambar sendiri banyak memiliki banyak nilai lebih, sehingga penting bagi kita untuk terus berkreasi di era new normal saat ini," tandas Adi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2