Iran Ubah Sanksi Keras AS jadi Swasembada

Kamis, 21/05/2020 06:14 WIB

Washington, Jurnas.com - Sanksi Amerika Serikat (AS) selain menyebabkan rasa sakit luar biasa dan kerugian bagi rakyat Iran selama bertahun-tahun, juga menyebabkan pencapaian besar bagi Negeri Para Mullah, seperti swasembada dalam banyak produk.

"Terlepas dari kondisi negara yang keras dan sanksi yang ilegal dan tidak adil serta tekanan ekonomi yang parah dari AS, produksi di Iran belum berhenti dan hari ini kita menyaksikan keberhasilan besar seperti swasembada gandum dan makanan lain serta produk pertanian," kata Presiden Iran, Hassan Rouhani.

"Kami juga mandiri dalam produksi bensin, gas, dan diesel hari ini, dan pekerjaan infrastruktur yang dilakukan di negara ini selama bertahun-tahun telah membantu kami berhasil dalam memerangi virus corona," tambahnya.

Menurut Rouhani, Rezim sanksi kejam memotivasi Iran untuk bergantung pada sumber dayanya dan melakukan beberapa tugas yang dianggap jauh di luar ruang lingkup kapasitas negara.

Misalnya, AS dan Eropa dilaporkan menertawakan peringatan Iran bahwa mereka akan bergerak untuk melakukan pengayaan uranium 20% sendiri jika mereka tidak menyediakan teknologi bagi Republik Islam.

Setelah Iran mengumumkan penguasaan teknologi, musuh-musuhnya begitu geram sehingga mereka membunuh ilmuwan nuklir di balik prestasi itu, Majid Shahriari, pada November 2010.

Paling akhir-akhir ini, negara itu harus memobilisasi sumber dayanya dan menghasilkan persediaan yang diperlukan seperti masker, gaun, respirator, dan ventilator untuk pasien virus corona setelah AS menentang seruang internasional untuk menghentikan sanksi terhadap Iran.

Pada Selasa (19/5), Wakil Presiden Iran, Sorena Sattari mengatakan Iran sekarang dapat menghasilkan apa pun yang dibutuhkannya dalam pertarungan virus corona dan sudah menjadi pengekspor kit pengujian.

Iran memproduksi lebih dari 96% kebutuhan medisnya, tetapi perusahaan farmasi mengandalkan formulasi lokal obat generik, yang berarti mereka harus mengimpor bahan untuk beberapa obat.

Beberapa merek generik yang diformulasikan, diproses dan dikemas di Iran dilisensikan oleh perusahaan-perusahaan Eropa dan Amerika dan produksinya termasuk impor obat setengah jadi yang telah terganggu oleh sanksi.

Bahkan impor makanan tidak dibebaskan dari sanksi, meskipun AS mengklaim sebaliknya, memaksa Teheran untuk mengejar ketahanan pangan dengan keseriusan tambahan.

Tahun lalu, Iran merayakan tahun keempat berturut-turut tanpa impor gandum, tetapi pejabat pemerintah mengatakan masish harus mengimpor beberapa pengiriman karena pembelian negara dari petani lokal dengan harga yang dijamin tidak cukup.

Namun, kekurangan itu diakibatkan kenyataan bahwa banyak petani gandum lokal tidak senang dengan harga beli yang ditawarkan pemerintah, dan memilih untuk menjual hasil panen mereka kepada perantara.

Iran juga biasa mengimpor sebagian dari kebutuhannya yang semakin besar akan bensin meskipun merupakan produsen minyak utama - sebuah situasi yang telah menghasilkan kerentanan strategis bagi negara itu pada saat sanksi.

Tahun lalu, Iran mencapai tonggak sejarah 100 juta liter per hari dalam produksi bensin, membuat negara itu mandiri dalam bahan bakar untuk pertama kalinya. (Press TV)

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin