Waduh, Dokter-Perawat Honorer Jember Tak Dibayar Delapan Bulan

Jum'at, 02/09/2016 22:39 WIB

Jember - Gaji sejumlah tenaga dokter dan puluhan perawat honorer Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) yang bekerja di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, tidak dibayar sejak Januari hingga Agustus 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Jember Bambang Suwartono mengatakan, anggaran untuk gaji dokter dan perawat honorer Pemprov Jatim tersebut sudah ada dan dana tersebut masuk ke kas daerah. Namun, tidak bisa dicairkan.

"Dana itu tidak bisa dicairkan karena adanya prosedur administratif yang harus diselesaikan, sehingga tinggal menunggu peraturan bupati untuk mencairkan gaji dokter dan perawat tersebut," kata Bambang seperti dilansir Antara, di Jember, Jumat (2/9).

Ia enggan menyebut berapa besar anggaran gaji dokter dan perawat honorer Pemprov Jatim yang belum terbayarkan. Ia beralasan tidak membawa data dan dokumen lengkap tentang persoalan tersebut.

"Maaf saya tidak hafal berapa besar total nominalnya dan takut salah kalau menyebutkan anggarannya tanpa melihat data lebih dulu," katanya.

Menurutnya, anggaran gaji tenaga honorer dokter dan perawat itu berasal dari anggaran gaji bantuan Pemprov Jatim yang sharing dengan APBD Jember. Sehingga, anggaran tersebut masuk ke kas daerah, setelah Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) disahkan.

"Setelah Perbup tersebut ditetapkan, maka kami akan segera mengajukannya ke Pemkab Jember dan membayarkan gaji tenaga honorer dokter dan perawat tersebut, namun untuk menunggu perbup masih dilakukan rapat anggaran dan informasinya akan dicairkan sebelum Perubahan APBD Jember tahun 2016," terangnya.

Sementara Humas Dinkes Jember Yumarlis mengatakan, penundaan gaji yang diterima oleh sejumlah tenaga honorer dokter dan puluhan perawat tersebut masih menunggu perbub.

"Jumlah tenaga honorer dokter dan perawat dari Pemporv Jatim di Jember sebanyak 77 orang. Setiap perawat mendapatkan gaji sekitar Rp1,5 juta per bulan, sedangkan dokter Rp2,5 juta setiap bulan," katanya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2