Film tentang Khashoggi Dilelang di Festival Sundance

Sabtu, 25/01/2020 15:30 WIB

New York, Jurnas.com - Sutradara Bryan Fogel melakukan pemutaran perdana film dokumenter terbarunya "The Dissident" di Festival Sundance pada Jumat (Sabtu waktu setempat).

Film yang mengisahkan tentang pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi itu diharapkan dapat menarik minat perusahaan film, maupun layanan streaming.

Khashoggi dibunuh dan tubuhnya dipotong-potong, setelah mengunjungi konsulat Arab Saudi di Istanbul. CIA menyebut Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

"Dalam mimpi impian saya, distributor tidak akan takut, dan memberikan ini rilis global yang layak," kata Fogel di Park City`s MARC Theatre, yang juga dihadiri Hillary Clinton dan Alec Baldwin.

"Dalam mimpi impian saya, distributor akan berdiri di Arab Saudi, memperjuangkan kebebasan berbicara, kebebasan pers, dan jurnalis yang ingin menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik dan membantu melestarikan warisan Jamal," tambah dia dikutip dari Variety pada Sabtu (25/1).

Film ini juga memasukkan transkrip kematian Khashoggi yang sebelumnya sudah diteliti, termasuk protesnya di dalam ruangan dan pembiusannya, hingga akhirnya dia dibunuh dan dimutilasi.

Salinan transkrip ditampilkan, juga pidato Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang menggunakan kekuatan veto untuk mengizinkan penjualan senjata ke Arab Saudi setelah pembunuhan.

Film dokumenter ini meneliti dengan saksama bukti-bukti yang menentang pemerintah Saudi dan Bin Salman. MBS, sebagaimana ia dikenal, telah secara konsisten menyangkal pra-meditasi atau pengetahuan tentang pembunuhan itu.

Beberapa orang telah dihukum karena pembunuhan itu. Namun nama mereka dan bukti yang digunakan untuk menghukum tidak pernah dirilis.

Fogel adalah sutradara pemenang penghargaan doping olahraga "Icarus". Grup Film Independen UTA menawarkan penjualan "The Dissident" kepada calon pembeli.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2