Pengukuhan Guru Besar, Haedar Nashir dan Para Tokoh Bahas Dunia Pendidikan

Kamis, 12/12/2019 10:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosiologi, Kamis, (12/12) di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pengukuhan Haedar dihadiri sejumlah menteri, mantan menteri dan tokoh termasuk Wakil Presiden periode 2014-2019, Jusuf Kalla. Kehadiran mereka menyaksikan dan untuk menyampaikan selamat atas pengukuhan itu.

Sebelum acara dimulai, Haidar berbincang dengan sejumlah tamu VIP di holding room. Tampak Haedar bersama Jusuf Kalla, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menteri Koperasi Teten Masduki, Mensesneg Pratikno, mantan menteri Susi Pudjiastuti, tokoh Muhammadiyah Malik Fadjar, Buya Syafii Maarif, dan lainnya.

Pembicaraan mereka terdengar santai dengan fokus utama seputar dunia pendidikan menyangkut riset, ujian nasional dan lainnya.

Hasto pun meminta momen itu diabadikan. Mendengar itu, Mensesneg Pratikno langsung memperbaiki posisi duduknya sambil bercanda,"Kalau foto bersama harus ikut nih".

Terasa semakin meriah setelah kedatangan Susi Pudjiastuti ke dalam ruangan. Buya Syafii Maarif sambil menyalami Susi berkata,"tenggelamkan".

Sontak terdengar suara tertawa. Kata tenggelamkan memang menjadi khas milik mantan Menteri Kelautan itu.

Dalam satu bagian perbincangan, Hasto kepada Jusuf Kalla dan Haedar sempat menyinggung soal Rakernas 1 PDIP yang akan digelar awal Januari mendatang.

Usai perbincangan, Hasto menerangkan ada kesepahaman mengenai pendidikan nasional.

"Dalam pembahasan tadi banyak yang sependapat bahwa pendidikan nasional Indonesia berpijak pada karakter dan jati diri bangsa, serta kekhawatirannya terhadap liberalisasi di bidang pendidikan," papar Hasto.

Selanjutnya, Haedar Nashir dan tamu VIP mengikuti agenda pengukuhan guru besar diawali dengan penyampaian pidato pengukuhan guru besar Haedar Nashir dengan judul "Moderasi Indonesia dan Keindonesiaan: Perspektif Sosiologi".

Berdasarkan informasi, Haedar Nashir menjadi guru besar ke-18 UMY. 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2