Bantu Senegal, Menlu Retno Minta Kemudahan Pemberian Visa

Selasa, 03/12/2019 11:09 WIB

Dakar, Jurnas.com - Indonesia mendukung Senegal dalam pembangunan gedung multi fungsi Menara Goree (Tour de Goree) dan penjualan pesawat CN-235. Namun dengan catatan, Senegal harus mempermudah pemberian visa.

Demikian kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi saat bertemu Presiden Senegal, Macky Sall di Dakar, Senegal, Senin (2/12).

"Kami meminta kepada Presiden Senegal untuk memberikan kemudahan pemberian visa termasuk kepada kalangan swasta yang meningkat kunjungannya ke Senegal, seiring meningkatnya kerja sama ekonomi kedua Negara," katanya.

Dalam pertenuan tersebut, Presiden Sall dan Menlu Retno membahas sejumlah isu peningkatan kerja sama bilateral di bidang infrastruktur, industri strategis, pertambangan dan ekonomi.

Presiden Sall sepakat dengan Menlu Retno untuk terus meningkatkan kerja sama kedua negara dalam berbagai proyek di masa yang akan datang.

Setelah pertemuan, Menlu Retno bersama Menteri PSE/Bappenas Senegal menyaksikan penandatanganan Kontrak Tahap 1 (satu) proyek Tour de Goree dimaksud yang disepakati pada Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue pada bulan Agustus 2019 lalu.

Penandatangan dilakukan antara PT WIKA dengan pihak Senegal menjadi kick-off dimulainya pelaksanaan proyek senilai Euro 250 juta tersebut. Tour de Goree merupakan awal dari sejumlah kerja sama proyek infrastruktur antara Indonesia dan Senegal.

Di sela-sela pertemuan di Senegal, sejumlah BUMN dari PT WIKA, PT Dirgantara Indonesia, PT Timah dan Indonesia Eximbank yang turut mendampingi kunjungan Menlu ke Dakar juga melakukan serangkaian pertemuan di bidang infrastruktur, pertambangan dan industri strategis.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2