Ketua DPR Ingin Maroko Dukung Rencana Pengembangan BUMN

Senin, 28/10/2019 18:56 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR, Puan Maharani berharap pemerintah Maroko menyambut terbuka rencana beberapa BUMN melakukan pengembangan usaha bidang infrastruktur, transportasi, dan perumahan di Maroko.

Puan berharap, kerja sama bidang ekonomi dan investasi antara pemerintah Indonesia dengan Maroko dapat berjalan dengan baik. Sehingga, kerja sama kedua negara saling menguntungkan.

"Saya berharap Pemerintah Maroko dapat mendukung rencana pengembangan usaha BUMN Indonesia di Maroko seperti PT. Wijaya Karya, PT. Timah dan PT. Pupuk Indonesia," kata Puan, saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Maroko Nasser, kerja sama Afrika dan Maroko di luar negeri, di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Senin (28/10).

Menurut Puan, hubungan Indonesia dan Maroko bernilai sejarah dan harus ditransformasikan menjadi hubungan yang bermanfaat bagi kedua negara. Puan juga mengharapkan  kedua negara dapat meningkatkan kerja sama industri halal yang memiliki potensi sangat besar.

"Saya berharap hubungan ekonomi khususnya perdagangan dapat terus diperkuat. Untuk itu, saya dorong kedua negara dapat memperluas akses pasar bagi produk unggulan masing-masing melalui Preferential Trade Agreement atau PTA," kata Puan.

Selain memandang Maroko sebagai negara sahabat dan mitra penting Indonesia, bagi Puan negara di kawasan Maghribi ini memiliki arti tersendiri. "Mengingatkan saya kepada sebuah jalan di kota Rabat dengan nama kakek saya Rue de Soekarno," kenang Puan.

Sejak kunjungan Presiden Soekarno ke Maroko pada Mei 1960 tercatat belum ada kunjungan balasan dari Pemimpin Maroko. Terakhir, rencana kunjungan Sri Baginda Raja Maroko pada tahun 2017 Indonesia ditunda.

“Kiranya Yang Mulia dapat menyampaikan pesan kepada Sri Baginda Raja bahwa Presiden Joko Widodo dan Rakyat Indonesia telah lama menantikan kedatangan Pemimpin Rakyat Maroko,” harap Puan.

Kepada Menlu Maroko, Puan menyatakan DPR RI memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah Indonesia untuk memperkokoh hubungan bilateral dengan Maroko, termasuk kerja sama parlemen kedua negara. Dimana, DPR RI beberapa kali mengunjungi parlemen Maroko.

"Di Maroko telah terbentuk Group Kerja Sama dan Persahabatan Maroko-Indonesia yang diketuai oleh Mr. Mohammed El-Bakkouri," terang Puan.

Kepada Menlu Maroko, Puan meminta kerjasama sebagai dua negara muslim ini ditingkatkan. “Saya berharap kita dapat bekerja sama menyebarkan Islam yang damai dan toleran,” katanya.

Tak lupa, Puan juga mendukung RI dan Maroko terus bekerja sama dalam memperjuangkan kepentingan ummat Muslim di dunia.

“Salah satunya dan terpenting adalah dukungan bagi perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan,” ujar Puan yang diamini para tamu undangan.

Mengakhiri pembicaraannya dengan Menlu Nasser Bourita, Puan mengharapkan kerjasama intens agar Indonesia-Maroko dapat berperan dalam membantu penyelesaian konflik yang terjadi antar negara-negara Muslim melalui dialog dan cara-cara damai.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2