Kanker Payudara pada Pria Jangan Pandang Sebelah Mata

Kamis, 22/08/2019 13:29 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Memasuki usianya yang ke-16, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bertekad untuk terus menyebarluaskan pentingnya deteksi dini kanker payudara hingga ke pelosok tanah air.

Ketua YKPI Linda Agum Gumelar berharap semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan payudaranya akan berdampak signifikan dengan menurunnya angka pasien kanker payudara stadium lanjut di Indonesia.

“Saya harap kali ini bukan hanya perempuan saja yang melakukan deteksi dini, melainkan juga laki-laki. Karena meskipun masih jarang kasusnya, bukan berarti laki-laki tidak bisa terkena kanker payudara. Jadi mulai sekarang, laki-laki jangan malu untuk melakukan deteksi dini kanker payudara baik dengan SADARI ataupun SADANIS,” ajak Linda di Jakarta, Kamis (22/8).

Kanker payudara pada pria memang masih terbilang langka. Kasusnya 100 kali lebih jarang dibandingkan pada perempuan. Kendati begitu, kanker payudara pada pria dikatakan Linda tidak boleh dianggap sebelah mata.

Berdasarkan data dari American Cancer Society, pada 2018 diestimasi sekitar 2.250 kasus kanker payudara pada pria ditemukan dan 480 diantaranya diperkirakan meninggal dunia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2