Baznas Evakuasi Ibu Hamil Korban Gempa Banten

Sabtu, 03/08/2019 07:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu evakuasi ibu hamil di Labuan, Pandeglang, Banten beberapa saat setelah terjadi gempa bumi 6,9 Skala Richter yang berpotensi tsunami, Jumat (2/8) malam.

Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang sedang berada di lokasi bencana, mengantarkan pasien tersebut dari Klinik Desa Cibungir ke Puskesmas Kecamatan Sukaresmi untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Saat gempa terjadi, Tim Baznas Tanggap Bencana tengah bertugas di sekitar lokasi kejadian menjalankan Program Kampung Tanggap Bencana.

Baznas kemudian mengirim tambahan personil BTB, Rumah Sehat Baznas (RSB), Layanan Aktif Baznas (LAB) diperkuat oleh personil dari Baznas Provinsi Provinsi Banten, Baznas Kabupaten Lebak dan Baznas Kabupaten Pandeglang.

“Baznas melayani masyarakat terdampak seperti membantu evakuasi, menyelamatkan dan membawa seorang ibu yang ingin melahirkan dengan ambulan ke puskesmas terdekat dan aman," kata Direktur Utama (Dirut) Baznas Arifin Purwakananta, Jumat (2/8/2019).

Tim Baznas juga membawa bantuan awal berupa terpal, selimut, perlengkapan darurat dan kebutuhan pokok lainnya.

Di Desa Malingping, Lebak, terlihat penduduk mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi menghindari ancaman tsunami.

Gelombang pengungsian juga terjadi di Desa Perdana dan Panimbang, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang.

Sejauh ini di Pantai Bagedur situasi masih aman dan belum terlihat kerusakan. Demikian juga kondisi perairan masih normal. Masyarakat berangsur tenang dan kembali ke rumah masing-masing usai peringatan tsunami diakhiri oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

TERKINI
CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah