Pentingnya Dukungan Ayah bagi Ibu Menyusui

Jum'at, 02/08/2019 20:15 WIB

Jakarta, Jurnas.com - "Gara-gara ASI nggak lancar, istriku jadi sering uring-uringan. Apa yang harus aku lakukan ya?” ujar Ayah Gery dalam dialognya pada story telling “Sahabat Andalan Ibu”.

Cerita seputar keseharian Ibu dan problema orang tua baru menghadapi masa awal menyusui tersebut dipersembahkan oleh Andalan Laktasi beserta Lactaboost untuk menyambut Pekan ASI Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus.

Permasalahan ASI yang tidak lancar seperti yang dialami oleh Ayah Gery seringkali menjadi salah satu kendala utama bagi Ibu pada saat menyusui.
Akibatnya, banyak Ibu merasa cemas dan stres, sehingga semakin memperparah produksi ASI.

Hanya 35 persen Ibu di Indonesia yang berhasil menjalankan ASI eksklusif. Kebanyakan mereka gagal karena kurangnya pengetahuan, tidak percaya diri dengan produksi ASI-nya, stres, kelelahan, dan tidak mendapatkan cukup dukungan dari orang sekitar.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh sang ayah sebagai salah satu support system utama bagi istri untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Konselor Laktasi, dr. Ameetha Drupadi, CIMI mengungkapkan ayah memiliki peran penting untuk membuat Ibu merasa rileks dan meningkatkan happy hormone dalam aktivitas menyusui yang dilakukan oleh Ibu sehari-hari.

"Pada akhirnya, ‘hormon bahagia’ tersebut berkontribusi untuk memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI," ucap Ameetha.

Beberapa hal yang bisa ayah lakukan untuk istri selama masa menyusui antara lain:

1) Menemani istri dalam memperoleh informasi yang benar seputar menyusui;

2) Memberi dukungan kepada istri agar tetap semangat menyusui

3) Lebih banyak menghabiskan waktu bersama buah hati;

4) Tidak takut untuk terlibat dan juga belajar dalam proses menyusui;

5) Serta memastikan bahwa istri memiliki asupan nutrisi yang cukup pada saat menyusui.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?