Pemerintah Segera Putuskan Nasib WNI Eks ISIS

Jum'at, 05/07/2019 23:59 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah akan segera memutuskan nasib Warga Negara Indonesia (WNI) mantan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) yang saat ini berada di pengungsian di Suriah.

Pelaksana tugas (PLT) Direktur Perlindungan WNI, Joedha Nugraha, mengatakan, saat ini Kementerian Politik Hukum dan Keamanan tengah memimpin pembahasan untuk melakukan verifikasi terhadap WNI tersebut.

"Pemerintah Indonesia mengedepankan aspek kemanusiaan seraya memastikan aspek keamanan dan penegakan hukum untuk memutuskan nasib WNI," ujar Joedha di Jakarta, Jumat (5/6).

Joedha juga memastikan bahwa pemerintah Indonesia akan tetap memberikan perlindungan dan bantuan hukum terhadap WNI mantan ISIS tersebut.

Namun begitu ditanya berapa banyak WNI yang berada di pengungsian di Suriah, Joedha tidak mau memberikan keterangan secara rinci.

Sebelumnya, beredar kabar ada sekitar puluhan WNI yang berada di kota pertahanan Daesh yang terakhir, yakni Kota Baghouz, Suriah. WNI yang kebanyakan merupakan perempuan dan anak-anak itu meminta bantuan pemerintah untuk kembali ke negaranya. 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2